Fayakhun Dibui di Lapas Tangerang

Damar Iradat    •    Rabu, 05 Dec 2018 11:28 WIB
suap di bakamla
Fayakhun Dibui di Lapas Tangerang
Terdakwa Fayakhun Adriadi saat menjalani persidangan - Medcom.id/Damar Iradat.

Jakarta: Mantan anggota DPR Fayakhun Andriadi akan menjadi penghuni baru Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tangerang. Dia akan menjalani masa hukuman delapan tahun penjara setelah dinyatakan bersalah menerima suap di Badan Keamanan Laut (Bakamla).

"Hari ini Fayakhun jadi dieksekusi ke Lapas Tangerang," kata jaksa pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) M Takdir Suhan kepada Medcom.id, Rabu, 5 Desember 2018.

Fayakhun dan jaksa penuntut umum tidak mengajukan banding atas putusan hakim. Oleh karena itu, Fayakhun kini resmi menjadi terpidana dalam kasus suap di Bakamla.

Fayakhun sebelumnya divonis bersalah dan dihukum delapan tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Ia juga diwajibkan membayar denda Rp1 miliar subsidair empat bulan kurungan.

(Baca juga: Fayakhun Berikan Bantuan ke Novanto SG$500 Ribu)

Majelis hakim menyatakan Fayakhun terbukti menerima suap sebesar US$911.480 dari Direktur Utama PT Merial Esa Fahmi Darmawansyah. Uang itu diyakini untuk mengawal pembahasan anggaran Badan Keamanan Laut (Bakamla) di DPR terkait pengadaan satelit monitoring dan drone.

Vonis hakim lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, jaksa menuntut agar Fayakhun dituntut 10 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider enam bulan kurungan.

Fayakhun terbukti melanggar Pasal 12 huruf a Undang-Undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 64 ayat 1 KUHP.




(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA