Pengobatan Novel Baswedan Rogoh Anggaran Rp3,8 Miliar

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 08 Jun 2018 07:09 WIB
novel baswedan
Pengobatan Novel Baswedan Rogoh Anggaran Rp3,8 Miliar
Penyidik Senior KPK Novel Baswedan

Jakarta: Ketua Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo menyampaikan biaya pengobatan Penyidik Senior KPK Novel Baswedan sepanjang 2017 mencapai Rp3,5 miliar. Biaya itu sepenuhnya diambil dari anggaran kepresidenan.

Agus menjelaskan dirinya enggan menggunakan dana tambahan KPK untuk biaya pengobatan Novel. Ia khawatir hal ini akan dipermasalahkan saat diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Jadi karena terus terang kami takut mempergunakan dana tambahan KPK, takutnya kalau penggunaannya berbeda dengan alokasi awal, nanti jadi temuannya BPK (Badan Pemeriksa Keuangan, red)," kata Agus Rahardjo di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Juni 2018.

Hingga saat ini biaya perawatan Novel  masih dibiayai dari anggaran kepresidenan. Total dari awal tahun hingga kini menghabiskan dana Rp389 juta. Artinya apabila ditotal maka jumlahnya sampai saat ini mencapai Rp3,88 miliar.

Untuk biaya selajutnya, KPK akan menggunakan dari asuransi pegawai senilai Rp1,5 miliar. Namun, Agus merasa tak enak anggaran itu hanya dihabiskan untuk satu karyawan saja. 

"Padahal buffer insurance itu Rp1,5 miliar itu untuk seluruh karyawan KPK. Jadi enggak adil kalau hanya dipakelai satu orang," katanya.

Adapun biaya pengobatan Novel Baswedan itu salah satunya untuk operasi mata kiri. Perkembagan kornea mata kiri Novel sangat lambat.

Agus memprediksi, perawatan Novel masih membutuhkan waktu yang lama. "Jadi sekarang itu sudah untuk jarak dua meter bisa lihat remang-remang. Tapi sayangnya mata kanannya ada kemungkinan masih seperti mata kiri," pungkas dia.

Sebelumnya, orang tak dikenal menyiramkan cairan asam ke wajah Novel, Selasa pagi, 11 April 2017. Pelaku beraksi saat Novel berjalan kaki pulang usai salat Subuh di masjid dekat Novel.


(SCI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA