Anggota DPRD DKI Sebut Reklamasi tak Masalah Asal Sesuai Aturan

Faisal Abdalla    •    Kamis, 18 May 2017 03:13 WIB
reklamasi
Anggota DPRD DKI Sebut Reklamasi tak Masalah Asal Sesuai Aturan
Salah satu pulau reklamasi di Teluk Jakarta. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota DPRD DKI Jakarta, Ruddin Akbar Lubis mengatakan, proyek reklamasi pantai utara Jakarta tidak jadi persoalan jika prosesnya sesuai undang-undang. Ia juga tidak keberatan jika proyek tersebut diambil alih oleh pemerintah pusat.

"Persoalannya bukan diambil alih atau tidak diambil alih oleh pemerintah pusat. Yang jadi masalah ketika pengambilalihan tersebut justru terkesan melindungi sekelompok pengusaha yang melanggar hukum", ujar Ruddin dalam diskusi di Jalan Timor, Jakarta Pusat, Rabu 17 Mei 2017.

Politikus Golkar itu menyayangkan adanya indikasi pembiaran yang dilakukan pemerintah terhadap sekelompok pengusaha yang menjual tanah tanpa adanya sertifikat. Padahal hak atas kepemilikan tanah bisa diakui jika sertifikat tersebut sudah terbit.

Menurut Ruddin yang terpenting adalah penegakkan hukum. Ia juga turut mengajak semua pihak untuk mematuhi keputusan PTUN yang mencabut izin reklamasi tiga pulau di pantai utara Jakarta.

"Kalau saya sederhana, yang penting penegakkan hukum. Keputusan PTUN sudah ada, ya patuhi saja, belum tentu langsung dibongkar," tegas Ruddin.

Meski demikian, Ruddin mengatakan ia tidak akan menentang reklamasi jika memang bertujuan untuk kepentingan nasional serta prosedurnya sudah dilengkapi sesuai undang-undang.

Kelanjutan proyek reklamasi pantai utara Jakarta masih belum jelas. Hal ini disebabkan adanya perbedaan sikap antara pemerintah pusat yang bersikukuh melanjutkan proyek reklamasi, sementara pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno menginginkan moratorium.


(REN)