KPK Tantang Kubu Novanto Laporkan Lembaganya ke Polisi

Juven Martua Sitompul    •    Senin, 09 Oct 2017 18:07 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
KPK Tantang Kubu Novanto Laporkan Lembaganya ke Polisi
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kiri)/ANT/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mempersilakan tim kuasa hukum Setya Novanto melaporkan lembaganya ke polisi. Hal itu disampaikan lembaga antikorupsi menanggapi ancaman tim kuasa hukum Novanto jika KPK menerbitkan sprindik baru untuk kliennya.

"Tidak apa-apa, hak dia. Silakan dilaporkan, saya kira polisi punya profesional dalam bidang penyidikan," tegas Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan di Gedung KPK, Jakarta, Senin 9 Oktober 2017.

Basaria yakin Polri bersikap profesional menilai laporan masuk dalam tindak pidana atau bukan.

Fredrich Yunadi, kuasa hukum Setya Novanto, sebelumnya mengancam bakal mengambil langkah hukum jika KPK nekat mengeluarkan sprindik baru untuk kliennya. Dia akan melaporkan lembaga pimpinan Agus Rahardjo cs ke polisi bila kembali menetapkan kliennya sebagai tersangka korupsi proyek pengadaan KTP-el.

Fredrich menilai status Novanto dalam kasus megaproyek itu sudah bebas setelah Hakim Tunggal Praperadilan Cepi Iskandar memutuskan menggugurkan status kliennya dari tersangka korupsi KTP-el. Keputusan Hakim Cepi tidak bisa diganggu gugat.

Bahkan, Fredrich menganggap penetapan kembali sebagai tersangka jelas melanggar Pasal 216 KUHP. Pasal itu menyatakan tidak boleh ada pihak yang menghalang-halangi putusan sesuai ketentuan undang-undang. Kemudian, KPK bisa dijerat Pasal 220 KUHP karena telah mengadukan suatu tindak pidana yang sebenarnya tidak dilakukan.


(OJE)