Polda Metro Luncurkan Buku Peraturan Pilkada

Deny Irwanto    •    Selasa, 18 Oct 2016 11:07 WIB
pilgub dki 2017
Polda Metro Luncurkan Buku Peraturan Pilkada
Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana -- MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Seluruh jajaran kepolisian diimbau siap melakukan pengamanan pilkada serentak pada Februari 2017. Sebagai pedoman pengamanan, Polda Metro Jaya meluncurkan buku peraturan dan perundang-undangan pilkada dan menggelar seminar tentang pengetahuan pilkada DKI.

"Ini untuk memberikan pembekalan kepada para pamen, pama, dan bintara agar dapat membedakan pelanggaran administrasi, sengketa antarpeserta, serta potensi tindak pidana selama pelaksanaan pemilu. Keamanan Pilkada dapat terwujud jika personel punya wawasan dan pengetahuan soal perundang-undangan pemilu," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Suntana di Mapolda Metro Jaya, Selasa (18/10/2016).

Suntana menjelaskan, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu dalam melakukan pengamanan. Polisi akan menangani pelanggaran tindak pidana umum. Sedangkan Bawaslu, menangani pelanggaran tindak pidana yang masuk dalam ranah pemilu.

"Personel harus memahami mekanisme pelaporan pidana pilkada agar bisa bertindak dengan jelas. Bedakan, mana tindak pidana pemilu dan tindak pidana umum," jelas Suntana.

Dalam melakukan pengamanan Pilkada 2017, Polda Metro Jaya akan menjaga wilayah hukum DKI Jakarta, Kabupaten Bekasi, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. Khusus pengamanan di Tangerang, Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Polda Banten.


(NIN)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA