ICW: Ada Apa di Balik Kematian Johannes Marliem?

Lukman Diah Sari    •    Minggu, 13 Aug 2017 19:24 WIB
korupsi e-ktp
ICW: Ada Apa di Balik Kematian Johannes Marliem?
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu saksi kunci kasus e-KTP Johanes Marliem tewas dalam sebuah insiden di Los Angeles, Amerika Serikat. Peneliti Indonesia Corruption Watch Ardila Caesar menilai kejadian yang menimpa Marliem harus diselisik.
 
"Kenapa momentumnya meninggalnya saat kasus KTP elektronik sedang ditangani KPK?" kata Ardila di Sekretariat ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu 13 Agustus 2017.
 
Dia curiga kematian Johannes tak sebatas kejadian nahas. Apalagi Marliem disebut memegang data ratusan gigabyte berisi rekaman dan bukti seputar tender proyek KTP elektronik yang nilainya mencapai Rp5,9 triliun.
 
Baca: KPK Belum Kantongi Alat Bukti Milik Johannes Marliem

Ardila mendorong KPK berkomunikasi dengan pihak otoritas di Amerika Serikat. Terutama untuk menyelidiki sebab kematian Marliem. Terutama mengamankan bukti untuk menjerat sejumlah koruptor KTP-el.
 
"Jangan sampai kematiannya berdampak negatif dalam konteks membongkar kasus e-KTP tersebut," terangnya.

Klik juga: KPK Pastikan Saksi Kunci KTP-el Tewas
 
Kematian Marliem pun dinilainya jadi salah satu pertanggungjawaban KPK kelak kepada publik. Artinya, KPK harus bisa menjelaskan ke publik penyebab kematian bila ada saksi yang meninggal.
 
"Kenapa kematiannya bisa terjadi. Apa ada keterkaitan kematian saksi kunci dengan kasusnya sendiri atau ada hal lain. Jadi KPK harus terlibat dalam investigasi kematian saksi kunci tersebut," tandasnya.

Baca: Dubes: KBRI Washington Selidiki Kabar Tewasnya Saksi Kunci KTP-el

 


(SUR)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

15 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA