Alasan MA Menolak Kasasi Jessica

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 22 Jun 2017 15:00 WIB
kematian mirna
Alasan MA Menolak Kasasi Jessica
Jessica Kumala Wongso. Antara Foto/Akbar Nugroho Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Agung (MA) menolak memori kasasi Jessica Kumala Wongso, terdakwa pembunuhan Wayan Mirna Salihin. Juru Bicara MA Suhadi mengungkapkan alasan MA tak bisa menerima kasasi Jessica.

"Putusan yang telah diambil sudah sesuai dengan ketentuan," kata Suhadi di gedung MA, Jakarta Pusat, Kamis 22 Juni 2017.

MA mementahkan kasasi perkara nomor 498 K-Pit-2017 atas nama Jesicca Kumala Wongso pada persidangan Rabu 21 Juni. Dengan demikian, ganjaran penjara terhadap Jessica sesuai putusan pengadilan negeri.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memutus Jessica bersalah terkait pembunuhan berencana dengan ganjaran 20 tahun penjara sesuai Pasal 340 KUHP. Pengadilan Tinggi Jakarta menguatkan putusan tersebut di tingkat banding.

Suhadi menyampaikan amar putusan akan diunggah di situs resmi MA. Lebih dari itu, Suhadi mengaku tak bisa berkomentar. Penegak hukum tinggal menunggu waktu untuk mengeksekusi produk hukum Jessica.

"Panitera pengadilan mengirim ke jaksa. Sekarang ini menunggu pemberitahuan dan salinan ke jaksa penuntut umum," imbuh Suhadi.

Pada 6 Januari 2016, Wayan Mirna Salihin, 27, meninggal setelah meminum kopi es vietnam di Olivier Cafe, Mal Grand Indonesia, Jakarta. Saat kejadian, Mirna bersama Hani dan Jessica Kumala Wongso, temannya saat sekolah di Australia.

Hasil otopsi polisi menemukan pendarahan pada lambung Mirna dikarenakan adanya zat yang bersifat korosif masuk dan merusak mukosa lambung. Zat korosif tersebut diketahui dari asam sianida.

Sianida juga ditemukan tim Puslabfor Polri di sampel kopi yang diminum Mirna. Berdasarkan hasil olah tempat kejadian dan pemeriksaan saksi, polisi menetapkan Jessica sebagai tersangka.

Keluarga sudah pasti tidak menerima kenyataan ini. Apalagi Arief Soemarko yang baru menikahi Mirna November 2015. "Susah buat saya memaafkan."

Mata Ni Ketut Sianty, ibunda Mirna, berkaca-kaca saat berbicara apa yang putrinya alami ketika berkunjung ke kantor redaksi Metro TV. Ia melihat ada gelagat buruk dari Jessica sebelum Mirna meninggal.

Sianty sempat bertanya ke Mirna soal gelagat buruk pada Jessica. Mirna berjanji akan bicara soal itu ke ibunya. Tapi nyawa Mirna lebih dulu melayang.
 
Arief berharap apa yang menimpa istrinya tidak terjadi terhadap orang lain. Dia tidak ingin kasus ini menginspirasi orang lain untuk berbuat jahat. "Jangan sampai ada Mirna-Mirna yang lain," ujar Arief.


(TRK)