Pengacara First Travel Minta Polisi Gelar Perkara Khusus

Arga sumantri    •    Sabtu, 12 Aug 2017 17:44 WIB
kemelut first travel
Pengacara First Travel Minta Polisi Gelar Perkara Khusus
Calon jemaah umrah mendatangi kantor pengelola biro jasa umrah First Travel di Cisalak, Depok, Jawa Barat, Jumat (11/8). ANT/Indrianto Eko.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuasa hukum First Travel, Eggy Sudjana meminta polisi melakukan gelar perkara khusus. Ia menilai ada yang janggal dalam kasus yang dihadapi kliennya.

"Ada hak saya sebagai lawyer dari klien untuk minta gelar perkara khusus," kata Eggy di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 12 Agustus 2017

Eggy menilai gelar perkara khusus penting lantaran kasus kadung jadi sorotan publik. Permintaan gelar perkara tersebut agar kasus yang sudah runyam ini menjadi terang benderang.

"Kepada pihak kepolisian mohon ditinjau ulang lah, karena saya belum melihat (kasus ini) ada pidananya," ucap dia.

Eggy bersikukuh kasus First Travel tak masuk ranah pidana, namun perdata. Sebab, ia menilai unsur penipuan belum terpenuhi dalam kasus itu.

"Bagaimana penipuan kalau tujuh tahun sudah berjalan baik-baik saja, baru sekarang. Kalau mau menipu dari dulu saja. Itu logikanya," ujarnya.

Badan Reserse Kriminal Polri Menangkap pemilik penyedia jasa umrah First Travel atas nama Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan. Suami-istri itu ditangkap karena diduga menipu calon jemaah umrah.

Kedua tersangka ditangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu 8 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Keduanya dijerat Pasal 55 jo Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP, serta UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Pemilik First Travel dilaporkan ke Bareskrim pada Jumat 4 Agustus 2017. Pelapor yang terdiri dari agen dan calon jemaah mengaku kecewa karena First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015.


(DRI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

41 minutes Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA