Anggota DPRD Kader NasDem Diminta Segera Laporkan LHKPN

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 13 Sep 2017 19:38 WIB
partai nasdempemberantasan korupsi
Anggota DPRD Kader NasDem Diminta Segera Laporkan LHKPN
Dialog Sistem Integritas Parpol di DPP Partai NasDem. (Foto: MTVN/Whisnu Mardiansyah).

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kerja sama terkait sistem integritas partai politik (parpol). Seluruh kader NasDem yang duduk di DPRD diminta segera melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

"NasDem akan surati anggota DPRD dari NasDem untuk serahkan LHKPN. DPR RI sudah," kata Ketua DPP Partai NasDem bidang Infokom Willy Aditya di DPP Partai Nasdem, Jalan RM Soeroso, Jakarta Pusat, Rabu 13 September 2017.

(Baca juga: Pimpinan KPK Gelar Pertemuan dengan Demokrat & NasDem)

Upaya NasDem mencegah korupsi menjalar pada kadernya, partai besutan Surya Paloh itu sudah lebih dulu bekerja sama dengan kepolisian dan kejaksaan. "Sejauh ini NasDem sudah kerja sama dengan dua institusi hukum negeri ini, polisi dan jaksa dalam proses pengusungan bakal calon Pilkada 2015 dan 2017," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan menjelaskan bahwa kerja sama ini merupayan upaya dalam meningkatkan sistem integritas partai. Terutama dalam hal pemberantasan korupsi.

(Baca juga: Kerja Sama Parpol-KPK Membangun Sistem Kepartaian Penting)

Parpol menjadi bagian penting dalam pemberantasan korupsi dalam sistem politik dan birokrasi di Indonesia. Meskipun, partai politik bukan satu-satunya faktor dalam tumbuh kembangnya kasus korupsi.

"Kita percaya tidak ada single-nya faktor korupsi, pasti selalu ada multi faktor. Suka tidak suka partai itu pilar yang harus diperkuat," pungkasnya.




(HUS)

KPK Beberkan Proses Penetapan Tersangka Setya Novanto

KPK Beberkan Proses Penetapan Tersangka Setya Novanto

2 hours Ago

KPK meyakinkan, semua proses hukum sudah sesuai aturan berdasarkan alat bukti permulaan yang cu…

BERITA LAINNYA