Densus 88 Amankan Bom Pipa Siap Ledak di Jatim

Faisal Abdalla    •    Selasa, 15 May 2018 18:25 WIB
Teror Bom di Surabaya
Densus 88 Amankan Bom Pipa Siap Ledak di Jatim
Bom pipa siap ledak yang ditemukan di Surabaya Jatim - Medcom.id/Faisal Abdalla.

Jakarta: Densus 88 Anti Teror Polri menangkap 13 terduga teroris pascaaksi teror di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Dari tangan para pelaku, polisi mengamankan sejumlah bom siap ledak. 

"Ini (bom) yang sudah siap betul. Bom pipa namanya. Ini diamankan dari TKP kediaman TM di Wonokromo, Surabaya. Ini kalau meledak pipanya itu menjadi proyektilnya," beber Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Setyo Wasisto, saat menunjukan foto sejumlah barang bukti kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 15 Mei 2018. 

Dalam foto tersebut, terlihat dua benda berbentuk tabung seperti pipa metalik berbalut bahan berwarna kuning. Terlihat juga kabel berwarna merah yang tersambung dengan benda tersebut. 

Selain dari kediaman terduga teroris TM, Densus 88 turut mengamankan komponen-komponen pembuat bom yang disita dari kediaman Dita Oepriarto, pelaku bom bunuh diri di Gereja Pantekosta, Surabaya. 

(Baca juga: Tetangga Sempat Curigai Gerak-gerik Terduga Teroris)

Dalam foto tersebut, terlihat komponen seperti sejumlah proyektil dan beberapa kotak korek api dalam sebuah plastik hijau. 

Sementara dari rumah terduga teroris Budi Satrijo, polisi mengamankan sejumlah bahan kimia cair berbagai warna dalam botol plastik. 

Meski begitu, Setyo mengatakan pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah bom siap ledak yang disita polisi. Hal tersebut lantaran komponen-komponen bom tersebut masih banyak yang belum dirakit. 

"Kita tidak bisa mengatakan ini jumlahnya bomnya satu, dua, atau tiga gitu karena masih banyak komponen-komponen yang belum dirakit. Kemarin ada juga beberapa bom yang didisposal di TKP karena kalau enggak membahayakan," imbuh dia. 





(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA