Zumi Zola Ditahan

Juven Martua Sitompul    •    Senin, 09 Apr 2018 20:14 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Zola Ditahan
Gubernur Jambi Zumi Zola menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Gubernur Jambi Zumi Zola ditahan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Langkah itu diambil usai Zumi menjalani pemeriksaan kedua sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas sejumlah proyek di Pemprov Jambi.

Politikus Partai Amanah Nasional (PAN) ini bergeming saat digiring petugas KPK ke mobil tahanan yang sudah terparkir di pelataran. Zumi Zola hanya tertunduk dan tak sedikit pun menjawab pertanyaan awak media perihal penahanannya.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan orang nomor satu di Jambi itu ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) cabang KPK di Kavling C-1. Dia akan meringkuk di sana untuk 20 hari pertama.

"ZZ ditahan 20 hari pertama," kata Febri saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 9 April 2018.

Baca: Zumi Zola Siap Ditahan KPK

Zumi bersama dengan Plt Kadis PUPR Jambi Arfan ditetapkan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar. Keduanya diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi.

Uang gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi tahun anggaran 2018. Zumi Zola dan Arfan disangkakan pasal 12 huruf B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



(OGI)