Persiapan Polri Jelang Aksi 212

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 29 Nov 2016 15:57 WIB
unjuk rasa
Persiapan Polri Jelang Aksi 212
Ilustrasi -- ANT/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi memperkirakan, jumlah massa yang akan ikut aksi superdamai 2 Desember mencapai 200 ribu orang. Jumlah tersebut bisa ditampung di silang Monas.

Bila massa membludak hingga lebih dari 700 ribu orang, lapangan rumput Monas akan ikut dipakai. "Kalau masih belum cukup, area akan diperluas hingga Stasiun Gambir dan Jalan Medan Merdeka Timur. Khusus untuk ibu-ibu akan ditempatkan di sudut belakang Stasiun Gambir, agar mudah keluar," jelas Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Untuk pengamanan, Polri siap menerjunkan 22 ribu personelnya buat mengawal jalannya aksi. Aparat bakal diposisikan di seputaran titik aksi yang berpusat di Lapangan Monas.

"Ring satu ada di silang Monas, ring dua di Jalan Medan Merdeka Utara, Medan Merdeka Barat, Medan Merdeka Timur, serta Jalan Medan Merdeka Selatan. Sedangkan, ring 3 di Jalan Veteran, Lapangan Banteng, Bundaran Hotel Indonesia, Tanah Abang, Jalan Abdul Muis, dan Roxy," jelasnya.

(Baca: 22 Ribu Personel Polisi Diterjunkan Kawal Aksi 2 Desember)

Polri juga menyiapkan rekayasa lalu lintas saat aksi berlangsung. Upaya ini di utamakan di sejumlah ruas jalan seputar kawasan Monas.

Rekayasa lalu lintas akan diberlakukan pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB. Ruas jalan di depan Istana Kepresidenan dipastikan bakal ditutup.

Peserta aksi yang datang dari arah selatan bakal diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Jika massa yang menuju Monas datang dari kawasan Tugu Tani, bakal diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

(Baca: Rekayasa Lalu Lintas di Silang Monas saat Aksi 2 Desember)

Polisi juga bakal menetapkan titik menurunkan massa dari kendaraan. Hal itu untuk meminimalisasi penumpukkan kendaraan di seputaran jalan silang Monas.

Lokasi parkir bus besar pengangkut massa disiapkan di Lapangan Banteng. Polisi juga menyiapkan lokasi parkir cadangan di Kemayoran.

Rekayasa lalu lintas ruas jalan selain di kawasan silang Monas sifatnya masih situasional. Polri bakal memastikannya dengan melihat kondisi yang terjadi nanti.

 


(NIN)