Surat Keberatan Pencegahan Novanto Batal Dikirim

Renatha Swasty    •    Senin, 17 Apr 2017 11:00 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Surat Keberatan Pencegahan Novanto Batal Dikirim
Ilustrasi: Ge

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo menyebut DPR batal mengirim surat keberatan atas pencegahan Ketua DPR Setya Novanto ke luar negeri. Wacana pengiriman surat sempat menuai dari publik. 

"Tidak jadi dikirim setahu saya," kata Bambang di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Senin 17 April 2017.

Pencegahah terhadap Novanto dilakukan Direktur Jenderal Imigrasi atas merupakan permintaan KPK yang tengah menelusuri kasus dugaan korupsi KTP elektonik. Hal itu mendapat reaksi negatif dari kalangan wakil rakyat di Senayan.

DPR beberapa hari belakangan menyiapkan surat keberatan atas pencegahan terhadap Novanto itu kepada Presiden Joko Widodo. Surat itu pertama kali digulirkan Fraksi Partai Golkar di DPR yang membuat surat keberatan ke pimpinan DPR. 

Baca: Idrus Tegaskan Golkar tak Keberatan Novanto Dicekal

Novanto sendiri adalah ketua umum Partai Golkar. Surat dari Fraksi Golkar pun dibahas Badan Musyawarah (Bamus) yang memutuskan mengirim surat keberatan ke Presiden.

Bambang yang juga merupakan politik Golkar tidak merinci alasan mengapa surat keberatan itu tidak jadi dikirim. Padahal minggu lalu, DPR sangat keras menggaungkannya.



Juru bicara KPK Febri Diansyah menyebut, sebagai lembaga yang terhormat, sudah sepatutnya DPR meletakan hukum di atas segalanya. Pencegahan terhadap Novanto harus dilihat sebagai proses penegakan hukum.

KPK menyambut baik bila akhirnya DPR tidak jadi mengirimkan surat keberatan itu. "Karena KPK tetap akan melakukan pencegahan sesuai kewenangan yang ditur dalam UU," kata Febri di Gedung DPR.





(OGI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA