Arief Hidayat Bisa Dipilih Kembali Menjadi Ketua MK

Putri Anisa Yuliani    •    Jumat, 14 Jul 2017 09:56 WIB
mk
Arief Hidayat Bisa Dipilih Kembali Menjadi Ketua MK
Ketua Mahkamah Konstitusi MK Arief Hidayat--Antara/Wahyu Putro

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini, Arief Hidayat bisa dipilih kembali menjadi ketua pada pemilihan ketua MK. Sebab, tak ada aturan yang melarang

"Bisa saja terpilih lagi karena ketentuannya setelah 2 tahun 6 bulan menjabat bisa," kata Kepala Biro Humas MK, Rubiyo ditemui di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juli 2017.

Baca: MK Gelar Rapat Pemilihan Ketua Baru

Masa jabatan ketua hakim MK adalah 2 tahun 6 bulan. Sehingga, ketua hakim MK yang baru akan menjabat hingga pertengahan tahun 2020 mendatang.

Jika proses musyawarah tak mampu mengahasilkan satu kandidat terpilih, maka akan dilanjutkan melalui voting. Proses pengambilan suara terbanyak atau voting bisa diliput awak media karena bersifat terbuka. "Ya kalau voting terbuka. Kami sudah siapkan ruangannya di lantai 4," lanjutnya.

Pemilihan ketua MK pun menurut Rubiyo hanya melibatkan sembilan hakim MK saat ini. Ketua terpilih setidaknya harus mengumpulkan 50%+1 suara.

"Jadi untuk terpilih dari 9 hakim, setidaknya harus dapat 5 suara. Kalau hasilnya 4-4-1, kita lakukan pemilihan ulang," tukasnya.


(YDH)