Teroris di Bima Dicokok Bersama Bahan Peledak TATP

Arga sumantri    •    Senin, 19 Jun 2017 12:24 WIB
terorisme
Teroris di Bima Dicokok Bersama Bahan Peledak TATP
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan pasukan/MTVN/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Detasemen Khusus Antiteror 88 mencokok dua terduga teroris di Bima, Nusa Tenggara Barat. Keduanya ditangkap terkait dugaan perencanaan teror yang menyasar polisi.

"Jumat (16 Juni 2017) sore sudah ditangkap lagi yang di Bima, dua orang. Berikut bom yang sudah jadi, yakni bahan peledak TATP," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin 19 Juni 2017.

Tito belum merinci identitas dua terduga teroris itu. Tito hanya menjelasn keduanya merencanakan pengeboman di Polsek Woha, Bima.

Tito menegaskan, polisi segera memberi penjelasan lengkap soal itu."Yang ditangkap sudah ada bersama barang bukti, akan diekspose Kadiv Humas Polri (Irjen Setyo Wasisto) setelah mereka nanti sudah tiba di Jakarta," ujar Tito.

Tito mengatakan, keduanya merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS. Mereka belajar membuat bom secara online.

"Di Bima juga sama belajar dari online juga, melalui Bahrun Naim juga," ungkap Mantan Kepala Densus 88 Antiteror itu.

Berdasarkan informasi yang didapat, dua orang yang ditangkap ialah KW dan NH. Selain anggota JAD, keduanya disebut juga berasal dari kelompok Poso. Kedua terduga teroris dicokok di Pertigaan, Paruga Nae, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat.

"Kita ketahui, di Bima ada beberapa kali kejadian beberapa tahun belakangan, ada anggota polisi yang meninggal dan ditembak," ujar Tito.

Berdasarkan berbagai sumber, TATP atau yang bisa dikenal dengan triacetone triperoxide peroxyacetone merupakan jenis bahan peledak yang tak terlalu sulit dibuat. Bahan peledak jenis itu sulit dideteksi x-ray.

Pembuatan peledak menggunakan bahan tersebut juga sangat mudah dipelajari melalui internet. Peledak yang masuk kategori high explosive itu bahkan bisa dibuat dengan bahan-bahan yang ada di rumah, seperti thinner.


(OJE)