DPD Bantah Inisiasi Penangguhan Penahanan Irman

Al Abrar    •    Selasa, 20 Sep 2016 14:42 WIB
irman gusman ditangkap
DPD Bantah Inisiasi Penangguhan Penahanan Irman
Irman Gusman. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI membantah mengumpulkan tanda tangan untuk penangguhan penahanan Ketua DPD Irman Gusman. Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad mengatakan, pengalangan tanda tangan oleh kuasa hukum Irman.

"Penggalangan tanda tangan dilakukan oleh kuasa hukum Irman, tidak benar jika DPD menjadi insiator Penggalangan tersebut," kata Farouk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2016).

Jika memang ada tanda tangan dari anggota DPD, ia menegaskan, kapasitasnya bukan sebagai senator, namun sekadar ekspresi solidaritas dan empati kepada Irman.

"Saya bisa mengatakan tidak ada anggota DPD yang mengajukan permohonan penangguhan penahanan," ujar Farouk.



Tim KPK menangkap Irman, Sabtu dini hari akhir pekan lalu di rumah dinasnya di Jakarta. Irman diduga menerima suap dari CV Semesta Berjaya, Xaveriandy Sutanto dan istri MMI. Tim KPK menyita uang Rp100 juta yang dibungkus amplop coklat dari Irman.

Pemberian kepada Irman diduga terkait pengurusan kuota gula impor yang diberikan Bulog kepada CV SB pada 2016 untuk Provinsi Sumatera Barat.

Setelah diperiksa 1 x 24 jam, pemilik kekayaan Rp32 miliar tersebut dijebloskan ke Rumah Tahanan (Rutan) Guntur. Ia ditahan selama 20 hari ke depan untuk kepentingan penyidikan.

Sejumlah anggota DPD menggalang tanda tangan untuk penangguhan penahanan Irman. "Dari hasil di grup WhatsApp tadi malam sudah 60 lebih (anggota DPD) yang tanda tangan," kata anggota DPD Gusti Ngurah Arya Wedakarna, Senin 19 September.

Menurut Senator asal Bali ini, penggalangan berdasarkan solidaritas yang tumbuh dengan sendirinya di masing-masing anggota. Penggalangan ini sebagai strategi mempertanyakan penangkapan Irman yang masih dianggap janggal.

Tommy Singh, kuasa hukum Irman, mengakui dirinya mengupayakan penangguhan penahanan Irman dengan mengumpulkan tanda tangan penjamin. "Tadi beberapa anggota DPD bersedia menjadi penjamin," kata Tommy.


(TRK)

Video /