BNN Ingin Mengubah Kebiasaan Menanam Ganja di Aceh

Riyan Ferdianto    •    Rabu, 11 Oct 2017 12:03 WIB
ladang ganja
BNN Ingin Mengubah Kebiasaan Menanam Ganja di Aceh
Ilustrasi ganja/MTVN/Syahmaidar

Metrotvnews.com Jakarta: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso menginginkan Aceh tak lagi menjadi wilayah penanam ganja. Pihaknya bakal mengubah kebiasaan petani dari menanam ganja menjadi penanam tumbuhan lain.

"Karena itu kita harus membuat satu kegiatan yang mengalihkan kegiatan penanaman ganja dengan alternatif tanaman yang punya nilai ekonomis yang bagus sehingga masyarakat tidak lagi menanam ganja di Aceh," kata pria yang akrab disapa Buwas itu dalam Seminar Nasional 'Pembangunan Alternatif untuk Aceh Bersih Narkoba' di Hotel Kartika Chandra, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu 11 Oktober 2017

Pernyataan itu dilontarkan di hadapan Mendagri Tjahjo Kumolo dan Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah. Rencana itu, tegas Buwas, tak bisa berjalan tanpa bantuan pemerintah dan otoritas daerah terkait. Ia menjelaskan, seminar hari ini bakal membahas secara keseluruhan sehingga ada kesamaan pemahaman.

"Dengan satu visi, bagaimana kita menuju alternatif development itu. Harapan kami apa yang menjadi program Mendagri Tjahjo Kumolo memacu kita, mendorong, untuk kita jalankan itu dari lini terbawah RT/RW sehingga terbangun kesadaran semua agar ini jalan maksimal,"jelasnya

Buwas menjelaskan, BNN telah mencari jenis tanaman apa yang cocok ditanam di Tanah Rencong. Program ini akan berlanjut hingga dua tahun ke depan.

"Kita programkan terus kelanjutannya setelah 2018, 2019, kita sudah mulai eksis tanaman apa kita tanam," tutur Buwas.


(OJE)