KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Fredrich

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 18 Jan 2018 16:09 WIB
korupsi e-ktp
KPK Siap Hadapi Gugatan Praperadilan Fredrich
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif - MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi gugatan praperadilan yang dilayangkan tersangka Fredrich Yunadi. Lembaga Antirasuah bakal mematahkan semua argumen atau tudingan tim hukum Fredrich yang menyebut penetapan tersangka kliennya tidak sah.

"Kami selalu siap menghadapinya (praperadilan)," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan gugatan praperadilan yang dilayangkan Fredrich merupakan hak seorang tersangka. Lembaga Antirasuah, kata dia, siap menghadapi gugatan praperadilan tersebut.

"Praperadilan itu hak tersangka. KPK akan jalan terus menangani kasus ini," ujar dia. 

Febri optimistis pihaknya memenangi gugatan. Sebab, semua bukti-bukti yang menguatkan kalau Fredrich sengaja menghalang-halangi proses penyidikan perkara korupsi KTP-el dengan tersangka Setya Novanto, telah dikantongi.

"Kami yakin dengan seluruh prosedur yang sudah dilakukan, baik tentang penetapan tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup, penangkapan, penahanan, ataupun penggeledahan," kata Febri.

(Baca juga: Agung Laksono Tolak Jadi Saksi Meringankan Fredrich)

Tersangka Fredrich Yunadi melalui tim kuasa hukum resmi mendaftarkan permohonan gugatan praperadilan atas penetapan statusnya sebagai tersangka oleh KPK ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sapriyanto Refa selaku kuasa hukum Fredrich menyebut gugatan dilayangkan karena ada beberapa tindakan lembaga Antikorupsi kepada kliennya yang tidak sah. Perbuatan itu antara lain, penetapan tersangka, penyitaan sejumlah barang bukti, dan penangkapan serta penahanan terhadap Fredrich.

"Kita baru saja daftar praperadilan. Praperadilan ini kita ajukan berdasarkan permintaan pak Fredrich karena ada beberapa hal," kata Sapriyanto Refa selaku kuasa hukum Fredrich di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

(Baca juga: Skenario Fredrich Yunadi untuk Selamatkan Novanto)




(REN)

KPK Dalami Dugaan Pencucian Uang Novanto

KPK Dalami Dugaan Pencucian Uang Novanto

1 day Ago

Saat ini proses persidangan masih fokus pada penyelesaian perkara korupsi KTP elektronik yang d…

BERITA LAINNYA