Sidang Putusan Eks Pejabat Bakamla Ditunda

Faisal Abdalla    •    Rabu, 14 Mar 2018 19:18 WIB
suap di bakamla
Sidang Putusan Eks Pejabat Bakamla Ditunda
eks Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Keamanan Laut (Bakamla) Nofel Hasan - Medcom.id/Damar Iradat.

Jakarta: Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) menunda sidang putusan eks Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Badan Keamanan Laut (Bakamla) Nofel Hasan. Sidang ditunda lantaran sejumlah hakim anggota berhalangan hadir. 

"Sidang hari ini seharusnya agenda putusan. Namun dua anggota saya berhalangan hadir. Satu ada perkara lain, satu lagi sudah dimutasi ke Manado," ujar hakim ketua Diah Siti Basaria di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Maret 2018. 

Lantaran itu sidang ditunda hingga pekan depan. Hakim Siti meminta Nofel menjaga kesehatan hingga sidang putusan nanti. 

"Sidang ditunda hingga Senin 19 Maret 2018," tukas dia. 

(Baca juga: Eks Pejabat Bakamla Mengaku Terima Rp1,1 Miliar)

Nofel sebelumnya dituntut lima tahun penjara dan denda Rp200 juta, subsider 3 bulan kurungan. Nofel dinilai terbukti bersalah telah menerima suap sebesar SGD104 ribu atau Rp1,1 miliar (kurs Rp10.774 per SGD1) dari Fahmi Darmawansyah selaku Direktur Utama PT Merial Esa.

Ia didakwa bersama-sama dengan Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi selaku narasumber/Staf Khusus Bidang Perencanaan dan Anggaran Kepala Bakamla Arie Soedewo membuat dan mengusulkan anggaran drone yang telah disahkan pada APBN 2016 untuk pengadaan monitoring satelitte sebesar Rp402.710.273.350. 

(Baca juga: Nofel Sebut Tuntutan Jaksa tidak Berdasarkan Fakta Persidangan)
 


(REN)