DKI Target Seribu Bank Sampah di 2018

Fauzan Hilal    •    Senin, 04 Dec 2017 14:02 WIB
sampah jakarta
DKI Target Seribu Bank Sampah di 2018
TPST Bantargebang. Foto: MTVN/LB CIputri

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembentukan 1000 bank sampah di Ibu Kota. Bank sampah diharapkan dapat mengurangi sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang.
 
Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup DKI, Yusiono A Supalal mengatakan, bank sampah ditargetkan dapat mengurangi 1% volume sampah tiap tahunnya. Jika merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2022, maka bank sampah harus mampu mengurangi 5% sampah yang dibuang ke TPST Bantargebang.

Baca: Pembentukan Bank Sampah Induk Mendesak

“Total sampah di Ibu Kota sekitar 6.500 ton per hari. Bisa 5% berarti kita mengurangi sampah hingga 325 ton tiap tahunnya,” kata Yusiono, Senin 4 Desember 2017.
 
Berdasarakan data Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Ibu Kota baru memiliki 520 bank sampah yang tersebar di enam wilayah. Idealnya, setiap RW harus memiliki bank sampah. Jumlah RW di Jakarta mencapai 2.700 RW. Artinya masih ada 2.180 RW yang tidak memiliki bank sampah.
 
Karena itu, Dinas Lingkungan Hidup menargetkan menambah 1.000 bank sampah pada 2018. “Kalau sekarang kan baru sekitar 500 bank sampah. Maka setidaknya di tahun depan harus ada 1.000 atau 1.500 lagi bank sampah. Agar target kita tercapai,” ujarnya.
 
Yusiono mengatakan, untuk mendorong minat warga membangun bank sampah, Pemerintah DKI memberikan apresiasi kepada penggiat bank sampah yang komitmen mengelola sampah di wilayahnya masing-masing. Apresiasi diberikan berupa uang tunai dengan jumlah yang bervariasi.

Baca: Djarot Galakkan Bank Sampah

Untuk kategori pembina diberikan uang tunai Rp 5 juta bagi juara pertama, Rp 3 juta juara kedua dan Rp 2 juta juara tiga.
 
Kategori penggerak, akan menerima hadiah tunai sebesar Rp 2,5 juta juara pertama, Rp 1,5 juta juara dua dan Rp 1 juta juara tiga.
 
Sedangkan untuk kategori bank sampah aktif akan diberikan apresiasi sebesar Rp 500.000 untuk tujuh bank sampah.




(FZN)

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

Dua Anak Novanto bakal Kembali Dipanggil KPK

20 minutes Ago

Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang S…

BERITA LAINNYA