Anies: Gedung Tinggi Langgar Aturan karena Serakah

Nur Azizah    •    Selasa, 13 Mar 2018 12:18 WIB
air tanah
Anies: Gedung Tinggi Langgar Aturan karena Serakah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyidak kepatuhan pengelolaan gedung di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Foto: Antara/Reno Esnir.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan geram dengan gedung-gedung tinggi di Ibu Kota. Hal itu lantaran banyak gedung yang menyedot  air sebanyak-banyaknya tanpa memedulikan aturan. 

Anies ingin seluruh aturan ditegakkan tanpa pandang bulu. Ia tak mau hanya rakyat berpenghasilan kecil yang terus ditekan dan disalahkan.

"Saya kadang miris, kalau liat PKL (pedagang kaki lima) difoto terus disebar, saya merasa beginikah kita? Mereka tidak menaati aturan karena kebutuhan. Gedung pencakar (langit) itu tidak menaati aturan karena keserakahan," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Februari 2018.

Mantan Menteri Pendidikan RI ini berjanji akan menjatuhi hukuman sesuai aturan. Saat ini, Anies masih mengkaji dan mengevaluasi masalah ini.

Ia berharap seluruh pelaku usaha di Ibu Kota menaati aturan. Anies ingin seluruh pelaku usaha mengubah pola kerjanya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bakal menyidak gedung tinggi. Hal ini dilakukan untuk memastikan gedung pencakar langit taat aturan utamanya terkait sumur resapan.

"Akan ada 80 gedung yang diperiksa selama hari ini sampai 21 Maret 2018," kata Anies kemarin.

Baca: Anies Sebut Pengelolaan Limbah Hotel Belum Optimal

Kebijakan ini sesuai Keputusan Gubernur Nomor 279 Tahun 2018 yang dikeluarkan 6 Februari. Keputusan itu terkait dengan pembentukan tim pengawasan instalasi pemanfaatan air dan pengolahan limbah di gedung dan perumahan. 

Anies mengungkapkan tim terdiri dari beberapa unsur satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Meliputi Cipta Karya, Lingkungan Hidup, Perindustrian dan Energi, Satpol PP, Sumber Daya Air, serta Balai Konservasi Air Tanah.

Ada lima tim masing-masing diisi 10 orang yang akan mendatangi gedung-gedung tersebut. "Ini seperti razia gedung tinggi untuk memastikan mereka menaati semua aturan," imbuh Anies.



(OGI)