Kriteria Umum Pembeli Rumah DP 0%

Damar Iradat    •    Jumat, 19 Jan 2018 14:45 WIB
hunian dp 0%
Kriteria Umum Pembeli Rumah DP 0%
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan--Antara/Galih Pradipta

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada sejumlah kriteria umum bagi para peminat rumah DP 0 %. Bagi yang berminat, mereka harus memenuhi kriteria tersebut.

Pertama, kata Anies, yang bersangkutan harus merupakan warga Provinsi DKI Jakarta. Mereka harus tercatat sebagai penduduk yang memiliki KTP DKI.

"Kedua, belum pernah memiliki rumah sendiri. Kalau selama ini mengontrak, jadi tidak pernah punya rumah sendiri," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat, 19 Januari 2018. 

Kemudian, yang terakhir, yang bersangkutan harus berpenghasilan di bawah Rp7 juta. Selain itu, ketika yang bersangkutan sudah mengisi aplikasi, maka mereka harus sadar jika rumah tersebut bukan untuk dijual kembali.

Jika memang terpaksa harus diperjualbelikan, lanjut Anies, maka Badan Layanan Usaha Daerah yang akan membelinya kembali. Hal ini agar tidak muncul pemilik kedua.

"Jadi, kita tetap menjaga bahwa rumah ini adalah rumah untuk  masyarakat berpenghasilan rendah. Ini yang nanti akan kita atur," tuturnya.

Baca: DP 0% Memungkinkan asal Pemprov DKI Jamin Uang Muka

Anies telah meletakkan batu pertama di lokasi rumah DP 0 persen di Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Anies mengklaim respons masyarakat atas pembangunan rumah tanpa uang muka ini cukup baik.

"Terlihat baik mereka yang datang ke lokasi maupun mereka yang menanyakan lewat media sosial, lewat nomer WA (WhatsApp), nomor sms dari aparatur, semua yang bekerja di Pemprov," tuturnya.



Ia merasa bersyukur salah satu janji kampanyenya yang paling dapat perhatian sudah mulai dikerjakan. Soal konstruksinya, Pemprov akan mengerjakan sambil menyusun kelembagaannya.

"Artinya, sekarang kita sedang dalam proses pembentukan BLUD.  Begitu BLUD jadi, nanti BLUD yang akan mengelola," tandasnya.


(YDH)