Livestreaming

Pilkada Serentak 2017

Ahok: Aku Sudah Jalani Kontrak Politik PDI Perjuangan

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 21 Sep 2016 10:42 WIB
pilgub dki 2017
Ahok: Aku Sudah Jalani Kontrak Politik PDI Perjuangan
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: PDI Perjuangan tidak meminta mahar satu sen pun kepada calon petahan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok hanya mengaku diminta menjalankan kontrak politik, yakni 10 Dasa Prasetya PDI Perjuangan.

"Tapi dari dulu aku sudah jalanin. Kontrak politiknya sama dengan pak Jokowi dulu," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).

Ahok menampik kontrak politik adalah pengganti mahar. Dia menjelaskan kontrak politik yang ditawarkan adalah bentuk harapan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri salah satunya memperjuangkan Pancasila.

"Makanya dia marah, saya lihat salah lah kalau orang ngusul ke bu Mega jangan pilih Ahok karena Ahok minoritas. Kan bahaya SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan), tambah ngamuk dan marah dia," ujar Ahok.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (kanan) saat jumpa pers pengumuman calon kepala daerah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (20/9/2016) Foto: MI/Arya Manggala.

Sebelum deklarasi kemarin, Ahok menghadiri rapat pleno terakhir yang dipimpin langsung Ketua Umum Megawati Soekarnoputri di kedemiannya, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 90 menit itu, Megawati menanyakan kesediaan Ahok untuk menjalankan Dasa Prasetya atau 10 poin janji kesetiaan PDIP jika menjadi cagub pada Pilgub DKI 2017.

Selain itu, Megawati dan petinggi PDIP lainnya memberikan wejangan kepada Ahok agar melakukan introspeksi atas segala pernyataannya selama ini. Itulah proses yang mendahului penetapan duet Ahok-Djarot.

"Ini sudah aku lakuin semua, mulai dari pendidikan murah, kesehatan gratis segala macam. Sudah aku lakuin," kata Ahok.

 


(MBM)

Video /