Inspektorat-Komite Pencegahan Korupsi Pemprov DKI Sebatas Berkoordinasi

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 04 Jan 2018 10:02 WIB
tim gubernur anies-sandi
Inspektorat-Komite Pencegahan Korupsi Pemprov DKI Sebatas Berkoordinasi
Anggota TGUPP Bidang Pencegahan Korupsi bersama Gubernur DKI Anies Baswedan/Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Inspektorat Pemprov DKI Jakarta mengaku tak terlibat dalam Komite Pencegahan Korupsi (PK) Pemprov yang baru saja dibentuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Komite PK masuk dalam Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

"Enggak, kita dalam berkoordinasi saja. Percepatan, kalau tim kita kan enggak masuk ke sana gitu," kata Kepala Inspektorat Pemprov DKI Jakarta Zainal saat dihubungi, Kamis, 4 Januari 2018.

Zainal menjelaskan belum ada pembicaraan antara pihaknya dan Komite PK Pemprov soal tupoksi dan kewenangan masing-masing lembaga. Ia memastikan tak ada tumpang tindih tugas. Ia bahkan mengklaim tugas inspektorat terbantu dengan kehadiran tim itu.

"Kita akan berkoordinasi lebih baik lah," tegas Zainal.

Baca: Ketua TGUPP Bentukan Anies Digaji Rp51 juta per Bulan

Zainal merasa tugas dan program Komite PK Pemprov lebih luas dari inspektorat. Selain pengawasan dan pencegahan, komite juga memiliki tugas pembangunan integritas dan budaya antikorupsi bagi aparatur sipil negara (ASN).

Ada kewenangan yang belum maksimal dimiliki inspektorat namun sudah diembanh Komite (PK). Di antaranya, koneksi data dan sistem.  

"Artinya masih perlu pembangunan (di inspektorat)," ungkap Zainal.

Baca: Profil 5 Anggota Komite Pencegahan Korupsi DKI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi mengumumkan anggota Tim Gubenur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Komite Bidang Pencegahan Korupsi. Komite dibentuk berlandaskan Peraturan Gubernur Nomor 187 tentang Tim Gubenur untuk Percepatan Pembangunan.

Komite beranggotakan lima orang. Pimpinan KPK periode 2011-2015  Bambang Widjajanto diamanatkan sebagai ketua. Aktivis LSM HAM Nursyahbani Katjasungkana, eks Wakapolri Komjen Oegroseno, ahli tata pemerintahan Tatak Ujiyati, dan Ketua TGUPP periode 2014-2017 Muhammad Yusuf ditunjuk sebagai anggota komite.


(OJE)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

1 day Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA