Sepanjang 2017 Kekerasan Perempuan di Jakarta Menurun

Nur Azizah    •    Jumat, 08 Dec 2017 03:47 WIB
kekerasan
Sepanjang 2017 Kekerasan Perempuan di Jakarta Menurun
Ilustrasi. (ANTARA/Abriawan Abhe)

Jakarta: Kasus kekerasan terhadap perempuan di DKI Jakarta terus terjadi. Bahkan, berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) sepanjang tahun 2016 ada 1.316 perempuan dan anak mengalami kekerasan.

Kepala Dinas PPAPP Dien Emawati mengatakan dari 1.316 korban itu, 60 persen kasus kekerasan menimpa perempuan dewasa dan 40 persen menimpa anak-anak. Sementara 55 persen wanita mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

"Sedangkan 32 persen wanita mengalami kekerasan seksual. Sisanya, mengalami human trafficking," kata Dien di Balai Kota, Jakarta, Kamis 7 Desember 2017.

Dien mengatakan pada tahun 2017, kekerasan terhadap perempuan terus menurun. Menurut catatan PPAPP, menjelang akhir tahun ini jumlah kekerasan terhadap perempuan hanya 964 orang.

"Dengan rincian 60 persen menimpa anak-anak dan 40 persen dialami perempuan," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, korban kekerasan terhadap perempuan paling banyak berada di wilayah Jakarta Timur dan Selatan. Untuk meminimalisasi jumlah tersebut, Dinas  PPAPP membentuk 12 posko perempuan dan anak di rusun dan kelurahan.

"Kami juga membuat satgas di tingkat kota madya untuk mencegah kekerasan perempuan dan membentuk forum puspa yang anggota tokoh masyarakat PPK, LSM, dan masyarakat," pungkasnya.


(MBM)

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

25 minutes Ago

Aziz mengungkapkan tidak ada satupun pasal di UU MD3 dan Tata tertib DPR RI yang mewajibkan leg…

BERITA LAINNYA