ADO Tak Permasalahkan Uji Kir Mobil

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 06 Nov 2017 12:08 WIB
polemik taksi online
ADO Tak Permasalahkan Uji Kir Mobil
Uji kir taksi online di UP PKB Pulogadung, Jakarta Timur. (Foto: MTVN/Arga Sumantri).

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Driver Online (ADO) tak mempermasalahkan kewajiban yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 108 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Aturan tersebut mewajibkan uji kir untuk angkutan sewa khusus (ASK) atau taksi daring. 

"Dulu kir berat karena diketrik di mesin. Tapi sekarang sudah diemboss, maka tidak ada alasan lagi untuk menolak kir," kata Ketua ADO Christiansen FW kepada Metrotvnews.com, Senin, 6 November 2017.

Uji kir sebelumnya memang meninggalkan bekas pahatan di mesin mobil. Akibatnya, asuransi tak berlaku dan harga jual kendaraan anjlok. Saat ini kir menggunakan sistem emboss atau melalui plat yang ditempelkan di mesin.

Baca: Taksi Online Diberi Waktu 3 Bulan Penuhi Syarat Beroperasi

Cris memastikan sekitar 5.000 anggota ADO di Jakarta siap menjalankan kebijakan itu. Menurutnya, pengendara yang tak sepakat dengan pengujian kir hanya karena belum paham sistem baru tersebut. Mereka khawatir harga jual mobilnya merosot atau asuransi kendaraan akan hangus.

"Padahal dengan sistem kir emboss semua itu tidak benar," katanya.

Ia menilai tantangan kini ada di tangan Dinas Perhubungan DKI Jakarta atau wilayah lain. Sebab, mereka harus bersiap diri melayani uji kir taksi daring. 

"Sekarang bagaimana kesiapan pemerintah mengantisipasi banyaknya kendaraan yang akan uji kir. Semoga waktu tiga bulan cukup untuk kir semua kendaraan yang ada," pungkas Cris.




(AZF)

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

KPK Tunggu Pemberitahuan Praperadilan Fredrich

5 hours Ago

Hingga kini KPK masih fokus menuntaskan proses penyidikan kasus merintangi perkara korupsi KTP-…

BERITA LAINNYA