Jalan Tambak Ditutup untuk Kendaraan Pribadi

Nur Azizah    •    Rabu, 11 Apr 2018 08:57 WIB
proyek underpass
Jalan Tambak Ditutup untuk Kendaraan Pribadi
Pengendara kendaraan bermotor melintasi Underpass Matraman saat uji coba. Foto: MI/Pius Erlangga.

Jakarta: Dinas Perhubungan DKI Jakarta menutup Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat, per Rabu, 11 April 2018. Upaya ini untuk memecah simpul kemacetan di sekitar Underpass Matraman, Jakarta Timur.

"Kami akan coba urai di Jalan Tambak. Apakah akan ditutup secara permanen dari timur ke barat atau di tutup hanya untuk kendaraan pribadi," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah di Underpass Matraman, Selasa malam, 10 April 2018.

Menurut dia, seluruh kendaraan pribadi akan dialihkan ke Megaria Cikini dan berputar di sana. Namun, untuk bus TransJakarta tetap bisa melewati persimpangan Jalan Tambak menuju Jalan Proklamasi.

"Prinsipnya untuk angkutan umum lebih diprioritaskan," ungkap dia.

Andri menyebut kemacetan di sekitar Underpass Matraman wajar lantaran mengubah perilaku seseorang. Ia pun akan terus memformulasikan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi kepadatan. 

"Karena enggak bisa hanya sekali langsung bagus. Kita akan terus bikin rekayasa-rekayasa sampai mendapatkan formulasi yang efektif baik itu untuk kendaraan pribadi maupun angkutan umum," terangnya.

Baca: Underpass Mampang-Kuningan Resmi Diuji Coba

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyimpulkan sosialisasi yang tidak masif menjadi biang kemacetan. "Lalu lintas baru belum ketahui masyarakat. Kedua, akibat separator yang kurang rapat," kata Sandi.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra ini memerintahkan Dinas Bina Marga untuk menyempurnakan pengerjaan separator. Dia juga ingin warga aktif melihat informasi dari media sosial Dinas Perhubungan DKI Jakarta.




(OGI)