Kasus Kekerasan Brimob pada Wartawan Masuk Penyelidikan

Arga sumantri    •    Senin, 19 Jun 2017 15:02 WIB
kekerasan terhadap wartawan
Kasus Kekerasan Brimob pada Wartawan Masuk Penyelidikan
Kapolda Metro Jaya Irjen M iriawan. Foto: MTVN/Deny

Metrotvnews.com, Jakarta: Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) masih menyelidiki kasus dugaan kekerasan yang dilakukan anggota Brimob terhadap wartawan Kantor Berita Antara, Ricky Prayoga. Jika terbukti bersalah, anggota Brimob terancam sanksi.
 
"Saya sudah minta Propam menindaklanjutinya," kata Kapolda Metro Jaya Irjen M. Iriawan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin 19 Juni 2017.
 
Iriawan mengatakan, anggota itu bakal kena sanksi jika terbukti ada tindakan pelanggaran. Ia mencontohkan, kasus peluru yang menyasar ke rumah anggota DPR Jazuli Juwaini. anggota Brimob yang mengaku tidak sengaja, lalu stres akibat insiden itu.
 
"Karena memang sanksi kami tegas, kelalaian pun saya beri sanksi, apalagi itu (kalau benar) sengaja," ungkap Mantan Kadiv Propam Mabes Polri itu.
 
Komandan Satuan (Wadansat) Brimob Polda Metro Jaya, AKBP Heru Novianto, memohon maaf kepada pimpinan LKBN Antara dan wartawan LKBN Antara Ricky Prayoga. "Kami sadari anggota kami melakukan kesalahan. Kejadian ini cukup memalukan," kata Heru.
 
Heru mengakui, anggotanya lalai dan berlebihan, sehingga diduga melakukan kekerasan terhadap Ricky.
Menurut Heru, pihaknya masih memeriksa terduga pelaku Bharatu Adam Nasution dan empat orang rekannya. "Kalau terbukti bersalah, kami akan memberikan hukuman disiplin," ujar Heru
 
Sebelumnya, wartawan LKBN Antara Ricky Prayoga diduga mengalami kekerasan oleh oknum Brimob saat meliput Indonesia Open 2017 di Jakarta Convention Centre (JCC) Minggu 18 Juni 2017.
 
Kejadian bermula saat Ricky datang ke JCC sekitar pukul 15.00, lalu menuju ATM.  Saat menuju ATM, Ricky dan anggota Brimob terlibat tatap muka. Anggota Brimob yang diketahui bernama Adam tidak suka dilihat Ricky hingga terjadi insiden tidak menyenangkan.
 
Ricky merasa diperlakukan layaknya pelaku kriminal. Menurut Ricky, anggota Brimob itu juga berusaha mengacungkan senjata laras panjang."Saya dipiting, berusaha dibenturkan ke tripleks dan berusaha dibanting," kata Ricky.
 
 


(FZN)