5 Terduga Provokator Aksi Unjuk Rasa di Kantor YLBHI Diamankan

Faisal Abdalla    •    Senin, 18 Sep 2017 05:43 WIB
unjuk rasa
5 Terduga Provokator Aksi Unjuk Rasa di Kantor YLBHI Diamankan
Sejumlah orang yang berunjukl rasa di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) -- Foto: MTVN/ Faisal Abdalla

Metrotvnews.com, Jakarta: Sedikitnya 5 orang diamankan dalam aksi unjuk rasa yang berujung ricuh di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) pada Senin dini hari 18 September 2017. 

Namun pihak kepolisian belum mau memberikan keterangan terkait identitas mereka. Polisi juga melarang para wartawan mengambil gambar terduga provokator.

Pantauan Metrotvnews.com, polisi membubarkan paksa kerumuman yang tetap berorasi hingga pukul 01.30 WIB dengan tembakan gas air mata. Selain itu, satu unit kendaraan water canon dan satu unit kendaraan barakuda juga berjaga di lokasi.

Namun, tindakan polisi ini mendapat perlawanan dari peserta aksi yang membalas dengan lemparan batu. Beberapa anggota polisi pun tampak terluka. Massa yang tadinya terkonsentrasi di Jalan Mendut  dipukul mundur menuju Jalan Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat hingga massa terpecah menuju Jalan Proklamasi, dan RSCM.

Polisi baru dapat mengendalikan situasi pada pukul 02.00 WIB. Sebelumnya, sejumlah massa dari berbagai organisasi masyarakat menggeruduk kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Mereka menuding YLBHI menggelar diskusi untuk mempromosikan Partai Komunis Indonesia (PKI). 


(Des)