PT Transjakarta Jadikan Qlue Sebagai Tolok Ukur

Nur Azizah    •    Jumat, 03 Jun 2016 06:09 WIB
transjakarta
PT Transjakarta Jadikan Qlue Sebagai Tolok Ukur
Transjakarta beroperasi di koridor 1. Foto: Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.con, Jakarta: PT Transjakarta menduduki peringkat pertama dengan pelayanan berdasarkan aplikasi Qlue dengan perolehan 7.666 poin. Nilai itu mengungguli dinas lainnya di Jakarta, seperti Dinas Kebersihan, Dinas Perhubungan, Dinas Tata Air, Satpol PP, serta Dinas Sosial. Penilaian diberikan berdasarkan banyaknya laporan yang sudah ditindaklanjuti.

Laporan yang belum ditindaklanjuti ditandai dengan warna merah, laporan dalam proses perbaikan ditandai warna kuning. Sedangkan laporan warga yang sudah selesai ditindaklanjuti berwarna hijau.

Direktur Utama TransJakarta Budi Kaliwono mengatakan, peringkat pertama yang didapatkan TransJakarta merupakan hasil dari respon yang cepat dalam menanggapi keluhan warga.

“Qlue kami gunakan sebagai tolok ukur untuk mengetahui posisi TansJakarta dibanding dinas lain dalam merespon komplain masyarakat,” kata Budi kepada Metrotvnews.com, Kamis (2/6/2016) malam.

Ia menambahkan, peringkat di Qlue penting agar setiap organisasi dapat mengukur kecepatan dalam merespon keluhan warga dibanding Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya. Menurut dia, itu akan mempengaruhi pemimpin dalam menggerakan organisasinya.

“Peringkat di Qlue bisa berpengaruh positif untuk setiap leader dalam mengerakan organisasi, terutama dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” terang Budi.

Sampai Kamis malam, 2 Juni 2016, TransJakarta telah menyelesaikan 1.478 keluhan warga. Sebanyak 1.106 keluhan masih dalam proses perbaikan dan tidak ada keluhan yang tidak ditindaklanjuti.

Rata-rata yang masuk ke Transjakarta terkait masalah kebersihan, penumpang terlalu banyak, halte yang tidak terurus, bus TransJakarta telat, cat pudar, penumpang menumpuk di halte, bangku tidak terawat, Air Conditioner mati, dan sejumlah fasilitas lainnya.

“Kami akan lebih responsif lagi,” kata Budi.


(AZF)