Pilkada Serentak 2017

Cerita Agus Yudhoyono Tinggalkan TNI untuk DKI 1

Intan fauzi    •    Jumat, 23 Sep 2016 22:21 WIB
pilgub dki 2017
Cerita Agus Yudhoyono Tinggalkan TNI untuk DKI 1
Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan pidato singkatya di KPU DKI Jakarta (Foto: MTVN/Intan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Agus Harimurti Yudhoyono. Ia memutuskan menanggalkan karier militernya demi mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada DKI 2017.

Penunjukkan Agus terbilang cepat. Poros Cikeas yang terdiri dari Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN memantapkan hati untuk mengusung Agus pada dini hari tadi.

Agus mengakui, ia mengambil keputusan itu tidak mudah, melanjutkan karier militer atau menjalani karier baru di dunia politik. "Apakah saya akan tetap menjalani karier di dunia militer atau menjalani pengabdian di lingkungan berbeda," ujar Agus saat pidato politik di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi No. 41, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016).

Sejak dua hari lalu, keempat parpol sudah berkumpul di kediaman Ketua Umum Demokrat sekaligus ayahanda Agus, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Puri Cikeas, Bogor. Keempat parpol meminta kesediaan Agus untuk nyagub.

Agus mengaku tak memiliki waktu panjang untuk berpikir. Ia yang baru kembali dari Australia dalam rangka latihan bersama Angkatan Darat Australia, akhirnya mengambil keputusan untuk mundur dari karier militer.

Agus tak memungkiri banyak pihak yang menyayangkan keputusannya itu. Tapi, rasa cinta dan bangganya terhadap dunia kemiliteran tak akan pupus begitu saja.

"Tapi dengan hati yang tulus saya mencalonkan bahwa rasa cinta dan bangga saya terhadap institusi TNI yang telah melahirkan dan juga menempa saya tidak akan pernah pudar," ungkap Agus dengan mata berkaca-kaca.


Surat pemberhentian Agus Harimurti/istimewa

Pria berpangkat Mayor ini tak kuasa menahan rasa haru. Rasa berat hati meninggalkan bidang yang sudah ia tekuni selama 15 tahun itu nampak dari jeda pidatonya. Ia berhenti sejenak untuk membendung air mata agar tak tersorot terpaan cahaya lampu kamera.

Putra sulung SBY itu melanjutkan pidatonya. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran perwira TNI yang selama ini bersama-sama menjalani dunia kemiliteran. Sekali lagi, ia mengaku berat hati meninggalkan bidang yang sudah membawanya hingga ke pangkat mayor infanteri.

"Terus terang dengan hati yang berat selama lebih dari 15 tahun saya berdinas di dunia keprajuritan, di jajaran TNI yang saya cintai dan saya banggakan," ungkap Agus.

Pada akhirnya, Agus tak bisa terus meratapi keputusan yang ia ambil. Suami dari Annisa Pohan itu menyatakan siap mengabdi untuk Ibu Kota.

"Namun saya mengatakan bahwa saya siap untuk melakukan pengabdian yang laik di dunia politik dan pemerintahan," jelas Agus.

Agus mengatakan, sejatinya, dari TNI ia belajar banyak hal soal pengabdian. "Dari TNI pula lah saya belajar dan mengenal prinsip bahwa mengabdi untuk masyarakat, negara dan bangsa tidak mengenal batas waktu dan wilayah penugasan," pungkas Agus.


(ALB)

Menggusur, Bukti Ahok tak Bisa Didikte

Menggusur, Bukti Ahok tak Bisa Didikte

5 minutes Ago

Langkah Ahok lantaran melihat kebutuhan jangka panjang warga Jakarta. Bahkan dinilai tak m…

BERITA LAINNYA
Video /