KTP-el Tercecer Dipastikan Kedaluwarsa

Nur Azizah    •    Selasa, 18 Dec 2018 15:15 WIB
KTP-el dan Kepercayaan yang Tercecer
KTP-el Tercecer Dipastikan Kedaluwarsa
Ilustrasi KTP-el/Medcom.id

Jakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) DKI Jakarta memastikan KTP berbasis elektronik (KTP-el) tercecer di Pondok Kopi, Jakarta Timur, sudah tidak berlaku. KTP-el tersebut merupakan cetakan lama.

"Yang tercecer itu yang cetakan pertama, tahun 2011, 2012, dan 2013," kata Kepala Disdukcapil DKI Jakarta Dhany Sukma di DPRD DKI Jakarta, Selasa, 18 Desember 2018.

Baca: KTP-el dan Kepercayaan yang Tercecer

Dhany menjelaskan pada cetakan pertama seluruh KTP-el diproduksi dan didistribusikan oleh vendor di Kementerian Dalam Negeri. Pihaknya tengah bekerja sama dengan Polri mencari sumber KTP-el.

"Kita tunggu saja hasilnya. Itu yang mau dijawab kan sumber KTP-el dan siapa pelakunya. Setelah ketahuan, baru kita ada berbicara masalah standar operasional prosedur (SOP) dan mekanisme pemusnahan," kata dia.

Baca: DKI Diminta Bertanggung Jawab Soal KTP-el Tercecer

Dhany menyebut 63 keping dari 2.153 KTP-el tercecer dinyatakan rusak. Sisanya memang tercatat cetakan lama.

Sebanyak 2.153 KTP-el yang berada di dalam karung beras ukuran 20 kilogram ditemukan anak-anak yang tengah bermain. KTP-el ditemukan di Kampung Bojong Rangkong RT 03, RW 011, Kelurahan Pondok kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur.


(OJE)