Park and Ride Ragunan Terapkan Tarif Datar

Faisal Abdalla    •    Jumat, 15 Sep 2017 14:11 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
<i>Park and Ride</i> Ragunan Terapkan Tarif Datar
Park and ride Ragunan. Foto: MTVN/ Faisal Abdalla

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun fasilitas parkir park and ride di pingir Ibu Kota. Tujuannya, agar warga bisa memarkir kendaraan dan melajutkan perjalanan ke pusat kota menggunakan ke angkutan umum. Ironinya, fasilitas parkir itu digunakan warga untuk menginapkan kendaraannya.
 
"Fungsi dari park and ride ini untuk mengurai kemacetan. Di Ragunan ini kita menerapkan tarif flat, Rp2 ribu per hari untuk kendaraan roda dua, dan Rp5 ribu per hari untuk kendaraan roda empat," ujar Umar, petugas parkir dari Dishub DKI Jakarta saat ditemui Metrotvnews.com, Jumat 15 September 2017.

Baca: Harus Bagaimana Bila Tinggal di Gang Sempit? 

Park and ride Ragunan berlokasi di Jalan Saco No.1B, RT.10/RW.7, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Berbeda dari yang lain, park and ride Ragunan berkonsep vertikal dan terintegrasi langsung dengan halte TransJakarta koridor VI yang melayani rute Ragunan - Dukuh Atas 2, Ragunan - Monas (via Kuningan), dan Ragunan - Monas (via Semanggi).
 
"Kapasitasnya bisa menampung sampai seribu unit kendaraan roda dua," terang Umar.

Baca: Pemilik Mobil di Jakarta Wajib Punya Garasi 

Park and ride Ragunan umumnya dimanfaatkan para pekerja dari daerah Ciputat, Tanjung Barat, Lenteng Agung, dan Cilandak. Benny, salah seorang pelanggan park and ride Ragunan mengaku menitipkan motornya karena enggan terjebak macet.
 
"Saya titipkan di sini karena saya enggak mau macet-macet sambil nyetir. Lebih enak naik TransJakarta, pas macet bisa sambil tidur," ujar Benny.


 


(FZN)