Generasi Muda Perlu Contoh Sifat dan Tingkah Laku Sahabat Rasul

Dian Ihsan Siregar    •    Sabtu, 12 Aug 2017 17:06 WIB
kepemudaan
Generasi Muda Perlu Contoh Sifat dan Tingkah Laku Sahabat Rasul
Ilustrasi pemuda. ANT/Irsan Mulyadi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sahabat Rasul memiliki sifat dan tingkah laku yang berbeda. Tapi, mereka merupakan orang-orang istimewa dan patut dicontoh oleh generasi yang ada saat ini.

"Sifat mereka (sahabat Rasul) selama bergaul, apa saja kebaikan yang bisa kita ambil. Sangat banyak dan sifatnya berbeda, kebaikan diantara mereka juga berbeda. Ada yang menonjol ilmu, ada yang lain. Gambaran itu yang kita bisa aplikasikan dari sahabat Rasul," kata Ustadz Mulyana ditemui di Masjid Nursiah Daud Paloh, Jakarta Barat, Sabtu 12 Agustus 2017. 

Dari segi keilmuan, menurut Ustadz Mulyana, generasi yang ada saat ini patut mencontoh ilmu yang telah didapatkan dari para sahabat. "Kenapa kita harus ikutkan, karena mereka yang langsung mendengar ayat Al-Quran turun. Itu yang harus kita contohkan dan perlu aplikasikan ilmu yang ada dalam Al-Quran," terang Mulyana. 

Para sahabat Rasul mau mengorbankan apa saja untuknya dalam berdakwah, baik jiwa maupun harta. Sebab, perjuangan dakwah pada masa itu tidak mudah.

"Mereka berkorban, ada jiwanya bahkan keluarga Rasul ada yang mau berkorban jiwanya untuk bantu Rasul‎. Kita yang ada saat ini harus mencontohkan amal dan teladan dari Rasul," tutur dia.

Dengan banyaknya contoh dan ilmu dari sahabat Rasul, lanjut Ustadz Mulyana, maka generasi penerus saat ini perlu melanjutkan, khususnya umat muslim yang sudah mengerti seluk-beluk ajaran dari Al-Quran dan Hadist.

"Pesannya kita bagaimana bisa mencontohkan kehidupan para sahabat Rasul dalam beragama dan berdakwah. Apa saja yang bisa kita persembahkan dari semua itu. Itulah yang kita bisa persembahkan untuk keluarga dan orang sekitar. Sehingga kita benar-benar lakukan amal yang telah dilakukan sahabat Rasul," pungkas Ustadz Mulyana.


(DRI)