Jalan Jatibaru Tanah Abang bakal Dibuka

Siti Yona Hukmana    •    Senin, 09 Apr 2018 12:04 WIB
tanah abangpenertiban pkl
Jalan Jatibaru Tanah Abang bakal Dibuka
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno - Medcom.id/Siti Yona

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, bakal dibuka. Pembukaan kembali dilakukan saat penataan Tanah Abang tahap kedua.

"Kita akan fungsikan kembali Jalan Jatibaru. Selama ini juga kita harapkan nanti akan mendapatkan hasil yang positif yang terintegrasi, terkoordinasi, dan disosialisasikan dengan baik dari moda transportasi," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 9 April 2018.

Meski Jalan Jatibaru bakal dibuka lagi, Sandi menyebut pengunjung tetap akan dimuliakan. Ia mengatakan telah memiliki survei kepuasan dari masyarakat yang beraktivitas di Tanah Abang.

"Kita sudah punya survei kepuasan. Survei ini menunjukkan apa saja yang harus diperbaiki. Kita juga harus memastikan bahwa lahan usaha buat PKL yang kita sebut pedagang kecil mandiri ini tetap ada, apalagi memasuki bulan puasa," ujar dia. 

(Baca juga: Saran Ombudsman Buat Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, mengenai penataan Blok G Tanah Abang, Sandi menyebut telah memiliki solusi untuk relokasi para pedagang. Namun, dia belum memerinci. 

Yang jelas, pihaknya bakal membangun jembatan layang atau sky bridge. Pembangunan bakal menggandeng PD Pasar Jaya. 

Sandi menambahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur untuk pembangunan sudah diterbitkan. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia. 

"Kita harapkan penataan ini terintegrasi dan terkoordinasi dengan baik, disosialisasikan dengan baik. Sebab, nanti akan dibangun sky bridge untuk menghubungkan stasiun kereta api tersebut dengan beberapa sentra belanja di wilayah sana, juga nanti akan ada lahannya," tukas Sandi. 





(REN)