Anies Pinjam Tangan Jumantik untuk Menyerang Nyamuk DBD

Theofilus Ifan Sucipto    •    Senin, 04 Feb 2019 18:48 WIB
pencegahan dbd
Anies Pinjam Tangan Jumantik untuk Menyerang Nyamuk DBD
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menggenjot langkah preventif untuk memberantas nyamuk demam berdarah dengue (DBD). Salah satunya lewat juru pemantau jemantik (jumantik). 

“Intinya bahwa kegiatan preventif akan digenjot. Jadi ujung paling depan adalah jumantik,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 4 Februari 2019.

Anies menyebut jumantik berperan memastikan tidak ada genangan dan potensi munculnya jentik nyamuk DBD. Anies juga mengimbau masyarakat tidak menunda penanganan DBD.

Dia meminta masyarakat langsung mendatangi puskesmas untuk ditangani lebih lanjut bila ada potensi terjangkit DBD. Anies memastikan biaya penanganan DBD gratis

“Kita akan rawat dan dibebaskan dari biaya. Kita pastikan mereka terawat dengan cepat,” ujar Anies.

(Baca juga: Masyarakat Diminta Pahami Tempat Sarang Nyamuk)

Apalagi, lanjut dia, DBD terjadi karena virus dan butuh waktu untuk memulihkan kondisi. Di masa inilah pasien harus mendapat perawatan yang benar.

Penderita demam berdarah dengue (DBD) di DKI Jakarta bertambah 151 orang. Total penderita pun menjadi 813 orang dari sebelumnya 662 dengan tingkat kejadian (IR) 7,77. 
 
IR adalah perhitungan kejadian per 100 ribu penduduk yang digunakan untuk mengukur proporsi kejadian DBD. Semakin tinggi angka IR, semakin tinggi kejadiannya.
 
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan penderita DBD paling banyak berada di Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat, dengan jumlah pasien 104 orang. Selanjutnya, sebanyak 60 pasien ada di Cengkareng, Jakarta Barat, dan Jagakarsa, Jakarta Selatan, 51 pasien. 

"Ada pun penderita di Kecamatan Cipayung (Jakarta Timur) sebanyak 41 orang dan di Kebayoran Baru (Jakarta Selatan) sebanyak 39 orang," kata Widyastuti saat dihubungi, Jakarta, Jumat, 1 Februari 2019.


(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

3 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA