Dinas Pertamanan DKI Siap Jalankan Program Basmi Tikus

Nur Azizah    •    Rabu, 19 Oct 2016 13:01 WIB
hama tikus
Dinas Pertamanan DKI Siap Jalankan Program Basmi Tikus
Ilustrasi. Foto: MI/ Usman Iskandar

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta siap menjalankan program gerakan basmi tikus (GBT) yang diinisiasi Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat. Gerakan tersebut diklaim bakal mengurangi populasi tikus di Ibu Kota yang mulai merisaukan.
 
Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta Djafar Muchlisin mengatakan, pihaknya akan mencari lahan yang aman untuk mengubur tikus-tikus tersebut.
 
"Kami siap. Lahan pasti ada. Tapi harus ada kerja sama dengan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) lain untuk melihat dampak lingkungannya," kata Djafar kepada Metrotvnews.com, Senin (19/10/2016).
 
Djafar mengaku belum pernah diajak berkordinasi untuk membahas program itu. Dirinya masih menunggu surat resmi yang masuk. "Saya enggak tahu, belum ada informasi," kata Djafar.

 

Djafar akan menugaskan stafnya untuk mencari tahu program yang diklaim dapat mengurangi potensi menyebarnya sejumlah penyakit itu.
 
"Itu program bagus. Nanti saya koordinasi seperti apa mekanismenya. Tapi sejauh ini saya belum dapat info," ungkapnya.
 
Sebelumnya, Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat meminta seluruh lurah di Jakarta mengkampanyekan GBT. Tiap warga yang berhasil menangkap tikus akan diberikan imbalan Rp20 ribu per ekor. "Nanti lurah yang hitung. Dapat berapa kami bayar," kata Djarot, Selasa 18 Oktober.
 
Pemprov DKI pernah membasmi tikus di Gedung Blok G Balai Kota. Biayanya tak murah, Rp200 juta.
 
"Pak Djarot juga kemarin mengajukan anggaran Rp10 juta untuk lantai 6. Tapi, kita terima Rp2 juta - Rp3 juta," kata Kepala Biro Umum DKI Agustino Darmawan kepada Metrotvnews.com, 20 Mei 2016.
 
Tikus bisa memicu sejumlah penyakit berbahaya, beberapa diantaranya, penyakit Leptospirosis, Pes, Salmonella Enterica Sarovar Typhimurium, penyakit Rat Bite Fever (RBF), dan Hantavirus Pulmonary Syndrome.




(FZN)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA