Warga Korban Kebakaran Mangga Dua Evakuasi Barang di Rel Kereta

Ilham wibowo    •    Sabtu, 16 Sep 2017 18:19 WIB
kebakaran rumah
Warga Korban Kebakaran Mangga Dua Evakuasi Barang di Rel Kereta
Warga memindahkan barang dari lokasi kebakaran di kawasan Mangga Dua (Foto: Antara).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran pemukiman semipermanen di belakang WTC Mangga Dua, Ancol, Jakarta Utara berdampak kepada sekitar 300 Kepala Keluarga. Warga sibuk melakukan evakuasi barang. 
 
 
Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Suprapto mengatakan, kejadian itu dilaporkan terjadi pada pukul 11.05 WIB. Seluruh perjalanan rangkaian kereta di jalur antara Stasiun Jakarta Kota hingga Kampung Bandan dihentikan. Pasalnya, hunian tersebut berada tepat di samping jalur rel tepatnya KM 1+500. 
 
"Api cepat merembet dan menghanguskan ratusan rumah di sana," kata Suprapto, saat dihubungi Metrotvnews.com, Sabtu 16 September 2017. 
 
Selain mengehentikan aktivitas kereta api, saluran listrik aliran atas (LAA) yang biasa digunakan untuk perjalanan KRL Commuter Line  juga dimatikan. Menurut Suprapto, jalur tersebut saat ini tengah digunakan warga untuk melakukan evaluasi barang berharga. 
 
"Arus listrik aliran atas dimatikan menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, jalur rel belum bisa dilewati karena digunakan sebagai evakuasi barang milik warga," ujarnya. 
 
PT KAI belum memberikan keputusan apapun kelanjutan pascakebakaran itu. Pasalnya, pemukiman  semipermanen tesebut berada di atas lahan milik PT KAI. 
 
"Nanti kita koordinasikan lagi dengan pemerintah kota setempat. Menunggu koordinasi selanjutnya," ucapnya.  
Pusat mula api diduga berasal dari hunian milik warga bernama Juju, 45. Juju merupakan pemilik warung kelontong yang beralamat di Jalan Mangga dua 8 blok B RT.013/05. Penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik.
 
Api cepat membesar lantaran hunian warga sebagian besar terbuat dari bahan yang mudah terbakar. Petugas baru bisa mengendalikan api selama lebih dari dua jam menggunakan 21 unit kendaraan pemadam.



(FJR)