Unit Rusun KS Tubun Belum Dialiri Listrik

Ilham wibowo    •    Jumat, 21 Apr 2017 11:09 WIB
rusun
Unit Rusun KS Tubun Belum Dialiri Listrik
Rumah susun (Rusun) di Kawasan Jalan KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Proyek unit rumah susun (Rusun) di Kawasan Jalan KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat telah rampung dibangun. Rusun ini rencananya akan dihuni eks warga relokasi Kali Ciliwung.

Pembangunan Rusun hampir 100 persen selesai. "Tinggal aliran listrik dan pengecatan beberapa sudut ruangan," kata seorang petugas keamanan, Randy kepada Metrotvnews.com, Jumat 21 April 2017.

Proyek Rusun dengan nilai kontrak Rp149 miliar itu kini masih tanggung jawab PT Totalindo. Mestinya, gedung berlantai 16 itu selesai pada November 2016 lalu.

Proyek tersebut sempat dihentikan sementara karena tidak memenuhi target penyelesaian. Audit pun mesti dilakukan tim inspektorat Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, lantaran proyek bangunan terindikasi melanggar spesifikasi.


Rumah susun (Rusun) di Kawasan Jalan KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Rusun pun kembali dilanjutkan dalam anggaran 2017. Pengembang proyek menjanjikan kepada Pemprov DKI untuk menerima Rusun ini dalam kondisi rampung pada Maret 2017.

Randy mengatakan, dirinya belum mengetahui kapan 522 unit rumah type 36 dan 113 tempat usaha di Rusun KS Tubun ini akan dilakukan serah terima kepada Pemprov DKI Jakarta. Ia hanya memastikan, gedung siap untuk dihuni warga.

"Dulu memang rencananya awal tahun ini (serah terima), tapi saya tidak begitu paham dengan kondisi sekarang," ujar Randy.

Pantauan Metrotvnews.com, lokasi Rusun yang berada berbatasan langsung dengan kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat itu kini masih dibentengi seng proyek. Tampak luar, bangunan telah selesai dilakukan pengecatan.

Boleh dibilang, Rusun KS Tubun merupakan bangunan mewah sekelas apartemen. Gedung tiga tower itu dilengkapi fasilitas lift dan jaringan gas.


Rumah susun (Rusun) di Kawasan Jalan KS Tubun, Palmerah, Jakarta Barat--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Unit yang memiliki dua kamar itu pun terbilang lapang lantaran memiliki luas keseluruhan 36 meter persegi. Lokasi Rusun strategis, lantaran jaraknya yang hanya berseberangan dengan Stasiun Kereta Tanah Abang dan kawasan niaga tekstil.

Fasilitas lain seperti masjid pun telah selesai didirikan. Rencananya, Rusun ini juga akan dilengkapi arena pendukung lain seperi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) yang dibangun di sisi depan gedung.

Di area Rusun sendiri saat ini hanya nampak beberapa petugas keamanan. Pegawai proyek terlihat tengah melakukan pengecekan akhir. Nantinya, Rusun ini akan ditempatkan petugas kebersihan khusus yang untuk melakukan perawatan gedung.


(YDH)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

3 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA