Anies bakal Tegur Wali Kota tak Responsif Atasi Banjir

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 15 Nov 2017 18:09 WIB
banjirbanjir jakarta
Anies bakal Tegur Wali Kota tak Responsif Atasi Banjir
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Kamis 9 November 2017/MTVN/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua wali kota siap siaga menghadapi potensi banjir. Dia juga meminta semua wali kota responsif menangani ancaman banjir.

"Seluruh aparat dalam posisi siap siaga dan tidak boleh ada keterlambatan respon atas situasi apa pun," tegas Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 15 November 2017.

Anies mengultimatum bawahannya yang tak sigap bakal kena teguran keras. Instruksi kesiapsiagaan itu bakal disampaikan Anies dalam rapat bersama Wali kota dan biro tata usaha pemerintahan Pemprov DKI Jakarta.

"Kita akan tegaskan bahwa bukan saja diapresiasi bila merespon cepat. Tapi akan ada teguran keras untuk semua yang tidak responsif dan lambat," tambah dia.

(Baca juga: Anies Diminta Percepat Pembebasan Lahan untuk Normalisasi Sungai)

Pemprov DKI menganggarkan Rp1,98 triliun untuk antisipasi banjir. Alokasi terbesar diperuntukan untuk pengadaan tanah saluran waduk. Proyek ini direncanakan menelan biaya sebesar Rp1,4 triliun.

Pemprov akan menambah jumlah alat berat yang digunakan untuk pengerukan sungai dan kebersihannya. Anggaran dialokasikan sebesar Rp282 miliar.

Salah satu kendala mandeknya normalisasi sungai ialah lahan yang belum dibebaskan. Terkait itu, Pemprov sudah menganggarkan Rp227 miliar untuk membebaskan lahan warga yang terkena dampak relokasi.

(Baca juga: Hunian di Bantaran Kali Hambat Penyerapan Air Tanah)
 


(REN)

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

2 Politikus Golkar Kirim Karangan Bunga untuk Novanto

1 hour Ago

Teranyar, karangan bunga datang dari dua politisi Golkar, Bambang Soesatyo dan Muhammad Misbakh…

BERITA LAINNYA