Dishub Kaji Perluasan Pembatasan Sepeda Motor

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 13 Nov 2017 14:54 WIB
pembatasan sepeda motor
Dishub Kaji Perluasan Pembatasan Sepeda Motor
Ilustrasi: Rambu larangan motor terpasang di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Foto: MI/Arya Manggala.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengkaji perluasan pembatasan kendaraan roda dua di Sudiriman hingga ke Senayan. Pengkajian akan melibatkan pihak terkait. 

"Kajiannya sudah ada, tapi ini juga masih akan dibahas ulang. Terkait berbagai skenario, besok Rabu (15 November 2017) kita akan adakan FGD (focus group discussion)," kata Wakil Kepala Dishub Jakarta Sigit Wijatmiko kepada Metrotvnews.com, Senin, 13 November 2017.

Sigit pun masih belum membuka hasil kajian internal Dishub. Pasalnya, dia masih menunggu FGD dengan pihak terkait untuk membicarakan skenario yang dianggap paling tepat di Sudirman.

"Kita akan bicarakan dengan pakar transportasi, termasuk YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia), perancang dan penggiat transportasi umum," ungkap dia.

Baca: Sandi Belum Punya Rancangan Pelarang Motor

Sigit juga mengkonfirmasi pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang pencabutan larangan kendaraan bermotor di Sudirman. Menurut dia, apa yang disampaikan Anies untuk mengakomodasi usulan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dia menekankan, Gubernur menginginkan aksesibilitas kendaraan di jalan protokol tak terganggu, baik roda dua maupun roda empat. "Bukan pencabutan, Pak Gubernur bicaranya usulan Ditlantas ada perluasan. Ceritanya Ditlantas audiensi ke Gubernur, mengusulkan perluasan. Nah, Pak Anies serahkan ke perancang untuk desain," kata Sigit.




(OGI)