Anies Ingatkan Peran Ibu

M Sholahadhin Azhar    •    Sabtu, 10 Feb 2018 20:55 WIB
ibu dan anakanies-sandi
Anies Ingatkan Peran Ibu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam tablig akbar yang diselenggarakan Aliansi Perempuan Indonesia (API) di Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara. Foto: M Sholahadhin Azhar/Medcom.id

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri tablig akbar yang diselenggarakan Aliansi Perempuan Indonesia (API) di Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara. Dalam kesempatan itu, Anies mengingatkan pentingnya peran ibu dalam membangun bangsa.

"Salah satu kunci penting adalah kaum ibu. Bila kaum ibu maju, bangsa akan maju," kata Anies dalam sambutannya, Sabtu, 10 Februari 2018.

Di depan ribuan ibu-ibu, Anies menitipkan harapan agar bersama-sama membangun Indonesia. Kaum ibu dinilai sebagai tokoh persuasif di keluarga. 

"Dibandingkan dengan bapak, ibu selalu bisa membawa anak. Ini keunggulan yang harus dimanfaatkan," ujar dia.

Anies pun mengaku sering diajak oleh ibunya, Aliyah Rasyid untuk hadir dalam pertemuan perempuan. Meski merasa bosan, namun ia menemukan banyak pelajaran dari ajakan itu. 

Karena itu, ia menyimpulkan ibu memiliki pengaruh besar bagi keluarga. "Kalau keluarga bisa dilibatkan ke arah baik, ini keluarga bisa tertular. Kuncinya di ibu," imbuh Anies.

Ia mencontohkan para pejuang yang memerdekakan Indonesia. Menurut dia, keberadaan pejuang itu karena adanya peran ibu yang peduli akan makna perjuangan. 

"Mereka dididik oleh ibu yang salihah, jangan harap muncul pejuang jika tak punya semangat juang," pungkas dia.


(AZF)