Anies Minta Polisi Tuntaskan Kasus Korupsi Sekolah

Nur Azizah    •    Rabu, 11 Jul 2018 13:42 WIB
gedung sekolah
Anies Minta Polisi Tuntaskan Kasus Korupsi Sekolah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendukung polisi untuk mengusut kasus dugaan korupsi rehabilitasi sekolah di DKI Jakarta. Tercatat ada 119 sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA yang direhabilitasi pada 2017.
 
"Sebenarnya bukan dipersilakan, penegakan hukum itu harus jalan," kata Anies di RS Islam Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu 11 Juli 2018.
 
Mantan Menteri Pendidikan ini meminta seluruh anak buahnya kooperatif dengan penyidik. Saat ditanya apakah kasus tersebut menjadi alasan pencopotan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Sopan Adrianto, Anies hanya menaikkan kedua alisnya.

Baca: Daftar Pemenang Rehab Berat 119 Sekolah

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deriyan menyebut bakal memeriksa semua pihak. Namun, dia belum mau mengungkap pihak-pihak yang diperiksa.
 
"Akan ambil semua keterangan saksi yang ada kaitannya dengan perkara tersebut," tutur Adi.
 
Dia juga belum mau buru-buru menetapkan tersangka dalam kasus itu. Pihaknya bakal melakukan penyelidikan menyeluruh lebih dulu.
 
"Sampai selesai penyelidikan dulu," ucap dia.
 
Diketahui, proyek rehabilitasi sekolah di DKI menggunakan APBD 2017. Dana ini, untuk perbaikan sekolah pada bagian bangunan sekolah secara keseluruhan.
 
Anggaran yang dikeluarkan untuk rehabilitasi tersebut mencapai Rp191 miliar. Proyek yang diprediksi akan selesai akhir 2017 tersebut sempat mengalami kendala dalam proses lelangnya.


(FZN)