Wajib Garasi untuk Penertiban STNK Masih Dibahas dengan Polda Metro

Nur Azizah    •    Kamis, 14 Sep 2017 14:58 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
Wajib Garasi untuk Penertiban STNK Masih Dibahas dengan Polda Metro
Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko. Foto: MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemprov DKI Jakarta masih membahas syarat wajib garasi dalam penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bersama Polda Metro Jaya. Sebab, Polda yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan STNK.

"Teknisnya masih dikomunikasikan. Detailnya sedang disiapkan, penerbitan STNK baru ada di kepolisian," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko saat dihubungi, Jakarta, Kamis, 14 September 2017.

Sigit menyebut, Polda Metro Jaya merespon dan mendukung gagasan tersebut. Hanya saja, proses pelaksanaan masih didiskusikan.

"Secara teknis masih didiskusikan. Termasuk juga sanksi kalau ada penipuan dan pemalsuan surat rekomendasi RT/RW," ujar Sigit.

Ia menyampaikan, aturan kepemilikan garasi dalam penerbitan STNK juga dibahas dalam forum kegiatan lalu lintas. "Kami selalu bahas isu-isu penting yang berkaitan dengan masalah transportasi. Termasuk aturan kepemilikan garasi ini," pungkas dia. 

(Baca juga: Wajib Garasi Syarat Penerbitan STNK Tunggu Perintah Djarot)

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, saat ini permohonan penerbitan atau perpanjangan STNK masih seperti biasa. STNK bisa terbit asal syarat faktur, cek fisik dan KTP terpenuhi.

"Bagi polisi, kembali pada aturan yang berlaku," kata Martinus di Kompleks Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 14 September 2017.

Polisi juga tidak membatasi penerbitan STNK atas dasar tahun atau jenis kendaraan. Terlebih, soal wajib garasi dalam penerbitan STNK yang masih dalam tahap kajian. 

"Itu wacana kan. Belum jadi sebuah diskusi yang serius," ungkap Martinus.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta pengendara yang hendak membeli mobil melampirkan surat keterangan memiliki garasi. Kewajiban memiliki garasi bagi pemilik mobil pribadi itu mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi.
 


(REN)