Pohon Tumbang Hambat Laju KRL Tanah Abang-Rangkasbitung

Arga sumantri    •    Senin, 13 Nov 2017 17:20 WIB
krl
Pohon Tumbang Hambat Laju KRL Tanah Abang-Rangkasbitung
Ilustrasi kereta anjlok. Foto: Antara/Aprilio Akbar

Jakarta: Pohon tumbang menimpa kabel Listrik Aliran Atas (LAA) pada jalur rel Kebayoran-Pondok Ranji. Akibatnya, jalur kereta di lokasi itu tidak bisa dilalui.

VP Komunikasi Perusahaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Eva Chairunisa mengatakan insiden pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 15.40 WIB. Eva mengatakan pohon tumbang yang berada di wilayah jalur rel masih dalam proses evakuasi bersama Dinas Pertamanan DKI Jakarta.

"Sejumlah KRL (kereta rel listrik) lintas Tanah Abang-Rangkasbitung dan sebaliknya masih tertahan," kata Eva kepada Metrotvnews.com, Senin 13 November 2017.

Hingga pukul 17.00 WIB, belum ada kereta yang bisa diberangkatkan dari Stasiun Tanah Abang. Begitu pula sebaliknya, belum ada kereta yang bisa melaju ke Tanah Abang. Eva mengatakan estimasi lajur baru bisa dilalui 30 menit dari pukul 17.00 WIB.

"Untuk pelayanan operasional selanjutnya KRL akan diupayakan tetap dapat dilakukan menggunakan satu jalur bergantian. Dengan kondisi tersebut, meski operasional dapat dilakukan, namun tetap akan membutuhkan waktu tunggu dampak dari antrean perjalanan KRL," beber Eva.

Ia mengimbau pengguna kereta rute dimaksud menggunakan moda alternatif lain jika tidak bisa menunggu. Bagi penumpang yang telah melakukan transaksi tiket dan belum menggunakan jasa KRL sampai dengan tujuan, dapat juga melakukan refund atau pengembalian tiket di loket stasiun terdekat.

"Pengguna jasa yang tetap menggunakan jasa KRL diimbau untuk tetap memperhatikan keselamatan saat naik turun KRL serta tidak memaksakan diri untuk masuk apabila kereta sudah padat," kata Eva.


(UWA)