Warga: Ini Banjir Terparah di Jatipadang

Haifa Salsabila    •    Senin, 13 Nov 2017 14:11 WIB
banjir jakarta
Warga: Ini Banjir Terparah di Jatipadang
Pasukan Oranye mencoba membenahi pembatas yang jebol akibat banjir di Jatipadang, Jakarta Selatan, Senin 13 November 2017. Foto: Metrotvnews.com/Haifa Salsabila

Metrotvnews.com, Jakarta: Banjir yang melanda kawasan RT 03/06, Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, kemarin sore, dinilai merupakan banjir terparah. Banjir menjadi besar karena dipicu terlambatnya pengerukan Kali Pulo.

"Dulu-dulu kalau banjir enggak sampai separah ini," ujar Marulloh, warga RT 03/06, Jatipadang, kepada Metrotvnews.com, Senin 13 November 2017.

Andri Wijaya, salah satu petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), mengatakan proses pengerukan kali yang dilakukan dua bulan lalu terhambat. Alasannya, ada warga yang rumahnya enggan dibongkar.

"Dia maunya, habis dibongkar rumahnya balik seperti semula. Padahal kan enggak bisa, soalnya itu posisinya saja udah salah, di atas bantaran kali," ujar Andri.

Andri mengatakan proses pengerukan perlu dilakukan karena Kali Pulo semakin dangkal akibat sedimentasi. Kali itu juga semakin sempit.

"Kali yang dulunya lima meter sekarang tinggal dua meter, bahkan satu meter. Semakin lama, rumah semakin maju ke arah kali. Jadi, kalinya semakin habis oleh bangunan warga," kata Nursaindah, petugas Kelurahan Jatipadang.

Baca: Banjir di Jatipadang Sebabkan Pagar Pembatas Kali Jebol

Nursaindah mengatakan akan ada pengerukan lanjutan sebagai salah satu tindakan pencegahan banjir di kawasan Jatipadang. Saat ini pihak kelurahan sedang mendata rumah warga yang berada di atas bantaran kali.

Menurutnya sudah ada 20 kepala keluarga (KK) yang siap jika rumah mereka dibongkar tanpa ganti rugi. Sebagian warga lain bersikeras tak ingin rumahnya dibongkar tanpa ada ganti rugi.

"Jadi, sekarang kita pendekatan dulu. Kalau memang mereka enggak mau banjir, ya, harus siap kalau ada pengerukan kali," ujar dia.




(UWA)

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

MKD Tunda Pembahasan Nasib Novanto di DPR

6 hours Ago

Salah satu yang akan dibahas dalam rapat MKD itu adalah status Setya Novanto sebagai kasus koru…

BERITA LAINNYA