TransJakarta bakal Siapkan Bus Pengangkut Pesepeda

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 11 Oct 2017 12:14 WIB
transjakarta
TransJakarta bakal Siapkan Bus Pengangkut Pesepeda
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin ada terobosan baru di akhir kepemimpinannya. Djarot ingin ada bus wisata yang mengangkut pengguna sepeda dari satu titik ke titik yang lain.
 
"Bus wisata kita sudah kebanyakan sepertinya. Mungkin bus ini bisa dipakai untuk para bikers," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 10 Oktober 2017.

Baca: Menteri Darmin Kampanyekan Gerakan Sepeda ke Kantor

Direktur Utama PT TransJakarta, Budi Kaliwono, mengatakan, pihaknya sedang mengkaji konsep tersebut. Nantinya, bus yang digunakan untuk mengangkut pengguna sepeda adalah bus double deck. "Lantai satu kita setting untuk sepeda, lantai dua nya untuk para pengguna sepeda," katanya.
 
Bus ini diharapkan bisa membantu para pekerja Ibu Kota yang kesehariannya menggunakan sepeda. Dari pinggiran kota, para pekerja diangkut menuju satu titik seperti Dukuh Atas.
 
"Coba bayangkan kalau nanti para pekerja melewati area kemacetan. Sudah sampai disekitaran kantor mereka bisa naik sepeda. Itu akan jauh lebih baik," terang dia.

Baca: Mengapa Warga Melbourne Betah Naik Sepeda ke Kantor

Kendati begitu, kebijakan ini masih dalam tahap penggodokkan. Rencanannya penggunan bus khusus bikers akan dikomersialkan.
 
"Akan dikenakan tarif tertentu. Kita masih hitung titiknya di mana dan prediksi pengangkutan seperti apa," kata Budi.




(FZN)