Pekerja dari Bekasi Diminta Beralih ke Bus Premium

Intan Yunelia    •    Senin, 12 Mar 2018 10:27 WIB
jalan tolsistem ganjil genap
Pekerja dari Bekasi Diminta Beralih ke Bus Premium
Penumpang memasuki ruang dalam bus Transjabodetabek saat berhenti di halte bus, di Bekasi, Jawa Barat. Foto: Antara/Risky Andrianto.

Jakarta: Warga dari Bekasi, Jawa Barat, yang bekerja di Jakarta diminta beralih ke bus royal premium yang disediakan PT Transportasi Jakarta. Fasilitas itu disiapkan untuk menunjang sistem ganjil-genap di Jalan Tol Cikampek.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengaku sudah memerintahkan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Budi Kaliwono untuk mengantisipasi kemacetan imbas kebijakan ini. DKI pun akhirnya menyediakan 20 bus.

"Alhamdulillah TransJakarta langsung respons (menyediakan bus)," kata Sandi di Balai kota, di Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin, 12 Maret 2018.

Menurut dia, bus ini disediakan untuk membantu mengonversi pengguna kendaraan pribadi beralih ke angkutan umum. Dia berharap armada bis ini bisa mengurangi kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek.

"Kita akan lihat dampaknya kepada para pekerja di Jakarta yang kebetulan tinggal di Bekasi. Jadi itu langkah-langkah dari kami," ungkap Sandi.

Baca: Jadwal TransJabodetabek Premium via Tol Jakarta-Cikampek

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Royke Lumowa mengatakan aturan ganjil-genap diberlakukan di tiga titik: Pintu Tol Bekasi Barat 1, Bekasi Barat 2, dan Bekasi Timur. Aturan ini diklaim dapat mengurangi kemacetan.

"Ini bagian dari tiga paket kebijakan pemerintah untuk mengatasi atau mengurangi kemacetan Tol Jakarta-Cikampek khususnya yang paling padat adalah Bekasi Timur, Bekasi Barat yang keluar masuk," kata Royke.




(OGI)