Banyak Warga Boncos Mati Over Dosis di Tengah Jalan

Sunnaholomi Halakrispen    •    Selasa, 13 Feb 2018 20:17 WIB
geliat kampung narkoba
Banyak Warga Boncos Mati Over Dosis di Tengah Jalan
Kampung Boncos, Jakarta Barat. Foto: MTVN/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Kampung Boncos, Jakarta Barat, dikenal sebagai wilayah rawan narkoba. Bahkan, banyak warga meninggal di tengah jalan karena over dosis.
 
Ketua RW 03, Kampung Boncos, Azwar Laware, menceritakan Kampung Boncos merupakan sebutan untuk Gang Kiapang yang berlokasi di Kelurahan Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Terdapat dua RW, yaitu RW 03 dan RW 05 yang dipenuhi dengan gang-gang kecil.
 
Pada 1990 terdapat banyak penjual barang bekas. "Ada banyak lapak barang-barang bekas, lapak boncos. Itu asal usulnya kata boncos," kata Azwar kepada Medcom.id, Selasa, 13 Februari 2018.
 
Azwar mengatakan pada tahun 90-an banyak orang datang ke Kampung Boncos hingga berkembang menjadi permukiman liar. Saat itu, penduduk berjumlah sekitar 170 kepala keluarga.
 
"Itu sudah berdomisili liar dari mana-mana, kita enggak tahu orang dari mana aja. Seiring berjalannya waktu, semakin marak peredaran ganja, minuman keras, tempat-tempat perjudian juga," kata Azwar.

Baca: Kampung Boncos Sepi Setelah Penggerebekan 

Terhitung sejak 1999 hingga 2006, timbul peredaran narkoba di Kampung Boncos. Bahkan, warga tidak segan menggunakan narkoba di jalan hingga meninggal over dosis.
 
"Orang-orang over dosis itu banyak, sampe mati di tengah jalan ini juga sudah banyak," kata Azwar.
 
Pada 1999-2016 narkoba yang banyak diedarkan berjenis putau. Pada awalnya, narkoba diedarkan orang Nigeria yang tinggal di gang sekitar. "Saya tanya-tanya ngambilnya itu langsung dari orang Nigeria. Enggak tahu gimana caranya," tambahnya.
 
Azwar mengatakan, dari informasi yang ia dapatkan, sejak 2014 hingga kini peredaran narkoba jenis putau tidak terlihat dan diganti dengan sabu.
 
Peredaran narkoba di Kampung Boncos tidak dipungkiri Azwar masih menggeliat. Dia menegaskan warganya tidak ingin tempat tinggal mereka disebut sebagai kampung narkoba.
 
Polisi sudah kerap melakukan penggerebekan di Kampung Boncos. Polisi pernah menggerebek pada Rabu, 20 Desember 2017, dan menangkap 11 orang. Teranyar, penggerebekan dilakukan pada Rabu, 7 Februari 2018, dengan menangkap sembilan orang.




(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA