Polri Tegaskan Isu Pemeriksaan Amien Rais Hoax

Lukman Diah Sari    •    Senin, 17 Oct 2016 17:03 WIB
unjuk rasa
Polri Tegaskan Isu Pemeriksaan Amien Rais Hoax
Politikus Senior PAN Amien Rais/ANT/Adeng

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Porli menegaskan isu pemeriksaan Amien Rais yang muncul dalam unjuk rasa menentang Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) merupakan berita bohong. Isu adanya arahan Kapolri Jenderal Tito Karnavian terkiat pemeriksaan pun dibantah.

"Digambarkan di media online, dan itu menceritakan juga jelaskan bahwa ada instruksi Kapolri ke Kabareskrim untuk melakukan pemeriksaan ke Amien Rais, itu juga tidak benar," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (17/10/2016).

Sebelumnya, muncul informasi berantai berupa power point berjudul 'arahan Kapolri'. Slide show itu berisi 14 poin terkait Pilgub DKI 2017.

"Info yang sifatnya hoax yang beredar di medsos digambarkan seolah-olah ada arahan dari Kapolri yang sebenarnya bukan arahan. Seolah-olah sebuah power poin berisi arahan, itu tidak benar. Info itu tidak pernah dibuat oleh institusi Polri dan dinyatakan oleh Kapolri," bebernya.

Baca: FPI Ngotot Demo Ahok Tiap Jumat

Boy mengatakan, info tak benar itu sengaja dilempar untuk membangun persepsi buruh terhadap Polri. Pihaknya berharap masyarakat tak mudah percaya.

"Informasi yang diberikan mengarah ke kondisi yang dapat dikatakan menyudutkan institusi Polri," ucap dia.

Amien Rais sempat muncul dalam unjuk rasa menolak Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 14 Oktober. Tak hanya berada di antara pendemo, Amien ikut berorasi.

Amien meminta pihak berwenang segera menangkap Ahok karena diduga menistakan agama melalui surat Al Maidah ayat 51. Hal itu disampaikan Ahok dalam pidato di Kepualuan Seribu.

Ahok sudah meminta maaf soal ini. Ia mengaku tak bermaksud menyinggung agama mana pun.


(OJE)